Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dengan Real World Problem terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Soa.

Ngole, Martina (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dengan Real World Problem terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Soa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-martina-ngole-14726251016.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh model pembelajaran Problem Solving dengan Real World Problem terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas XI SMAN 1 Soa pada materi Fluida Dinamis, (2) Pengaruh model pembelajaran Problem Solving dengan Real World Problem terhadap sikap ilmiah peserta didik kelas XI SMAN 1 Soa pada materi Fluida Dinamis, dan (3) Perbedaan pengaruh model pembelajaran Problem Solving dengan Real World Problem dibandingkan Direct Instruction terhadap keterampilan pemecahan masalah dan sikap ilmiah peserta didik kelas XI SMAN 1 Soa pada materi Fluida Dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau Quasi experimen research dengan desain nonequivalent control group design. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Solving dengan Real World Problem pada kelas eksperimen dan model Pembelajaran Langsung pada kelas kontrol. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI di SMAN 1 Soa periode semester genap Tahun Ajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data melalui tes tertulis berupa soal uraian keterampilan pemecahan masalah, dan non-tes berupa observasi sikap ilmiah. Pengujian pengaruh pada model pembelajaran Problem Solving dengan Real World Problem terhadap keterampilan pemecahan masalah dan pengaruh model Problem Solving dengan Real world Problem terhadap sikap ilmiah menggunakan uji Independent sample t- test, sedangkan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model Pembelajaran Problem Solving dengan Real World Problem dibandingkan Direct Instruction terhadap keterampilan pemecahan masalah dan sikap ilmiah digunakan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran Problem Solving dengan Real World Problem berpengaruh positif terhadap keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas XI SMAN 1 Soa, (2) Model pembelajaran Problem Solving dengan Real World Problem berpengaruh posotif terhadap sikap ilmiah peserta didik kelas XI SMAN 1 Soa, (3) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Solving dengan Real World Problem dibandingkan model Direct Instruction terhadap keterampilan pemecahan masalah dan sikap ilmiah peserta didik kelas XI SMAN 1 Soa pada materi Fluida Dinamis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Solving dengan Real World Problem, Keterampilan Pemecahan Masalah, Sikap Ilmiah.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Oct 2016 02:59
Last Modified: 09 May 2019 07:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42004

Actions (login required)

View Item View Item