Analisis Nilai-Nilai Budaya Huma Betang dalam Kaitannya dengan Pembinaan Rasa Persatuan dan Kesatuan Bangsa pada Siswa SMAN 1 Kahayan Hilir,Kalimantan Tengah

Maresty, Era (2016) Analisis Nilai-Nilai Budaya Huma Betang dalam Kaitannya dengan Pembinaan Rasa Persatuan dan Kesatuan Bangsa pada Siswa SMAN 1 Kahayan Hilir,Kalimantan Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-era-maresty-13705251035.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1) nilai-nilai budaya huma betang di Kalimantan Tengah, dan 2) pemanfaatan budaya huma betang dalam pembinaan rasa persatuan dan kesatuan bangsa pada siswa SMAN 1 Kahayan Hilir. Penelitian ini merupakan penelitian etnografi yang menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu masyarakat yang tinggal di huma betang desa Bontoi, Kecamatan Kahayan Hilir dan siswa SMA Negeri 1 Kahayan Hilir, yang ditentukan dengan teknik snowball sampling. Data diperoleh dengan observasi partisipan, wawancara dan studi dokumentasi untuk mengetahui nilai- nilai budaya huma betang dan pemanfaatannya dalam pembinaan rasa persatuan dan kesatuan bangsa pada siswa SMAN 1 Kahayan Hilir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) budaya huma betang mengandung nilai religius, kebersamaan, kejujuran, toleransi, saling menghormati, kerja keras, musyawarah, gotong royong, mencintai alam, dan displin; (2) pemanfaatan nilai-nilai huma betang di SMA Negeri 1 Kahayan Hilir dalam membina rasa persatuan dan kesatuan bangsa dilakukan melalui berbagai kegiatan sekolah, baik kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Pembinaan rasa persatuan dan kesatuan bangsa dengan memanfaatkan budaya huma betang dilakukan dalam kegiatan ekstrakurikuler, yang meliputi pramuka, pusat informasi dan konseling remaja, kerohanian, kesenian, olahraga, dan aksi pelajar peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: budaya huma betang, pembinaan rasa persatuan dan kesatuan bangsa
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Oct 2016 01:59
Last Modified: 09 May 2019 07:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42002

Actions (login required)

View Item View Item