KETERKAITAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM STANDAR KOMPETENSI INSTALASI SISTEM OPERASI DASAR DAN HAMBATANNYA PADA JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Suwardi, Suwardi (2016) KETERKAITAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM STANDAR KOMPETENSI INSTALASI SISTEM OPERASI DASAR DAN HAMBATANNYA PADA JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SUWARDI - 07520244016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

KETERKAITAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM STANDAR KOMPETENSI INSTALASI SISTEM OPERASI DASAR DAN HAMBATANNYA PADA JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA Oleh Suwardi NIM. 07520244016 Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi objektif mengenai ada tidaknya keterkaitan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa dalam instalasi sistem operasi dasar dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi siswa dan guru dalam memanfaatan internet pada SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta khususnya di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Proses belajar mengajar, sarana dan prasarana merupakan salah satu penunjang suatu proses belajar mengajar. Seorang siswa dan guru dalam melakukan aktivitas belajar mengajar memerlukan adanya dorongan berupa motivasi agar kegiatan belajarnya dapat menghasilkan hasil belajar yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan deskriptif analisis. Variabel-variabel yang diteliti adalah Pertama, Pemanfaatan internet kedua, hasil belajar dan ketiga, hambatan yang dihadapi siswa dan guru dalam memanfaatkan internet. Subjek penelitian adalah siswa-siswa dan guru jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dengan teknik pengambilan melihat tabel Nomogram Herry King. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara (1) Angket, (2) Observasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan untuk mengetahui keterkaitan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar, data dianalisis dengan menggunakan koefisien korelasi Product Moment. Hal ini untuk mengetahui tingkat korelasi kedua variabel tersebut. Dari hasil perhitungan dengan korelasi Product Moment diproleh angka korelasi sebesar 0,423, dengan df sebesar 55 diperoleh r tabel pada taraf 5% signifikan sebesar 0,266; sedangkan pada taraf 1% diperoleh r tabel sebesar 0,345. Melihat dari hasil perhitungan diatas maka rxy atau ro (0,423) adalah lebih besar daripada r tabel (yang besarnya 0,266 dan 0,345). Karena rxy atau ro lebih besar dari r tabel, maka hipotesa alternatif (Ha) diterima dan hipotesa nihil (Ho) ditolak. Berarti terdapat keterkaitan positif antara variabel X dan variabel Y, hal ini menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan yang sedang atau cukup antara antara variabel pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dengan variabel hasil belajar siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiya 3 Yogyakarta. Kata kunci: hasil belajar, internet, diskriptif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 05 Oct 2016 02:09
Last Modified: 30 Jan 2019 11:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42001

Actions (login required)

View Item View Item