Pengaruh Hasil Belajar Praktik, Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Informasi Peluang Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Jurusan Tata Boga di Kediri.

Hardiani, Nia Sasi (2016) Pengaruh Hasil Belajar Praktik, Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Informasi Peluang Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Jurusan Tata Boga di Kediri. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nia-sasi-hardiani-14702251074.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memberikan gambaran nyata tentang kesiapan kerja siswa SMK di Kediri, (2) mengetahui hubungan hasil belajar praktik, pengalaman praktik industri, informasi peluang kerja terhadap kesiapan kerja siswa SMK di Kediri, (3) mengetahui seberapa besar pengaruh hasil belajar praktik, pengalaman praktik industri, dan informasi peluang kerja terhadap kesiapan kerja siswa SMK di Kediri, serta (4) terealisasinya lulusan SMK Tata Boga di Kediri yang siap kerja dan bersaing dalam dunia usaha maupun dunia industri. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Tata Boga di Kediri. Teknik pengambilan sampel menggunakan proposional random sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 158 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan dokumentasi dan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan regresi linier ganda dengan taraf signifikansi 5% yang pengujiannya menggunakan bantuan program SPSS versi 22,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) profil kesiapan kerja siswa SMK Tata Boga di Kediri diketahui bahwa mayoritas siswa dengan kesiapan kerja dalam kategori tinggi (54,4%), hal ini didukung juga dengan hasil belajar produktif dalam kategori baik (55,7%), pengalaman praktik kerja industri dalam kategori baik (57%), dan informasi peluang kerja dalam kategori baik (51,3%), (2) terdapat hubungan hasil belajar praktik, pengalaman praktik kerja industri, informasi peluang kerja terhadap kesiapan kerja siswa SMK Tata Boga di Kediri, (3) terdapat pengaruh hasil belajar praktik, pengalaman praktik kerja industri, informasi peluang kerja terhadap kesiapan kerja siswa SMK Tata Boga di Kediri. Kesiapan kerja dipengaruhi oleh variabel hasil belajar praktik, pengalaman praktik kerja industri, informasi peluang kerja sebesar 49,5%, sedangkan sisanya sebesar 50,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Praktik, Pengalaman Praktik Kerja Industri, Informasi Peluang Kerja, dan Kesiapan Kerja
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Oct 2016 01:58
Last Modified: 22 Aug 2022 08:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42000

Actions (login required)

View Item View Item