Model Penilaian Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam.

Ayu, Sovia Mas (2016) Model Penilaian Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-sovia-mas-ayu-08701269010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model penilaian kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam (MPKKG-PAI) yang terdiri atas: (1) prosedur penilaian; (2) instrumen penilaian; dan (3) panduan pelaksanaan penilaian. Penelitian pengembangan ini menggunakan sembilan langkah dari sepuluh langkah pengembangan model Borg & Gall. Tahap pengembangan uji coba awal meliputi: uji coba prosedur, instrumen, dan panduan pelaksanaan. Responden uji coba tahap ini adalah 6 pakar, 8 praktisi, dan 4 siswa. Prosedur dan panduan direview oleh praktisi, dan uji keterbacaan instrumen siswa dilakukan oleh siswa. Hasil review praktisi digunakan untuk merevisi prosedur dan panduan pelaksanaan, sedangkan hasil keterbacaan instrumen siswa digunakan untuk merevisi isi instrumen. Instrumen secara keseluruhan dinilai ketepatannya oleh pakar untuk menghasilkan validitas isi dengan formula V-Aiken. Hasil revisi instrumen pakar digunakan untuk uji coba luas yang dilaksanakan di SMA/SMK di provinsi Lampung, dan dilakukan 2 tahap uji coba. Uji coba tahap pertama melibatkan 50 guru PAI, 50 guru non-PAI, dan 50 siswa, dari 14 SMA/SMK di Bandar Lampung. Uji coba tahap kedua melibatkan 200 guru PAI, 200 guru non-PAI, dan 200 siswa, dari 75 SMA/SMK di Provinsi Lampung. Pembuktian validitas konstruk dan reliabilitas instrumen uji coba tahap pertama menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA) dengan program SPSS 17.0, dan pembuktian validitas konstruk dan reliabilitas instrumen uji coba tahap kedua menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dengan bantuan program LISREL 8.51. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Prosedur penilaian berdasarkan review pakar dan praktisi termasuk dalam kategori sangat baik karena mudah dipahami; (2) Instrumen penilaian tergolong baik, dibuktikan dengan V-Aiken pakar, loading factor > 0,3 dan reliabilitas instrumen > 0,7. Validitas konstruk instrumen tergolong baik dibuktikan dengan hasil analisis EFA dan CFA yang menunjukkan model fit (Chi-Square (χ2) = 176,66, ρ-value = 0,21974, RMSEA = 0,021, dan GFI = 0,92); dan (3) Panduan pelaksanaan penilaian tergolong efektif karena menurut hasil review pakar dan praktisi MPKKG-PAI termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, model penilaian, kompetensi kepribadian, guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Oct 2016 01:23
Last Modified: 08 Mar 2022 05:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41996

Actions (login required)

View Item View Item