LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGRI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Taufiq Roisy Hidayat, Taufiq Roisy Hidayat (2014) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGRI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa S1 Kependidikan, yang pelaksanaannya dilakukan disebuah institusi pendidikan dalam hal ini sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan yang mamiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang profesional. Kegiatan PPL ini juga bertujuan untuk menyiapkan dan membakali mahasiswa untuk memasuki realita dunia kependidikan dan masyarakat. Kegiatan PPL ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Depok dilaksanakan pada tanggal 1 Juli – 17 September 2014, yang beralamatkan di Jalan STM Pembangunan No. 1 Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman,Yogyakarta. Dalam pelaksanaan PPL ini, mahasiswa praktikan mengampu kelas X TAV dengan mata diklat “Simulasi Digital” yaitu Standar Kompetensi diantaranya; (1) Komunikasi dalam jaringan (2) Kelas Virtual (3) Jejaring Sosial Pendidikan (4) Materi Digital (5) Pembuatan Video Presentasi. Pembelajaran ini dilaksanakan selama satu semester atau kurang lebih 16 kali pertemuan. Pembelajaran terbagi menjadi pembelajaran teori dan praktik. Namun berdasarkan jadwal yang ditentukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta maka KBM yang dilaksanakan mahasiswa praktikan selama 8 kali pertemuan dengan 4 kali teori dan 4 kali prakktikum. Dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama dalam mengajar di kelas dan penguasaan kelas, baik di kelas teori maupun di kelas praktik. PPL juga berfungsi untuk memberikan gambaran yang tepat tentang sejauh mana kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam melaksanakan proses mengajar ataupun dalam praktik kependidikan lainya sehingga mahasiswa dapat mengembangkan dengan lebih baik kemampuan dan keterampilannya tersebut.Dalam pelaksanaan kegiatan PPL ini tidak terlepas dari hambatanhambatan, namun hambatan tersebut dapat teratasi dengan manajemen yang lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 05 Oct 2016 00:34
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41988

Actions (login required)

View Item View Item