KEBIJAKAN SISTEM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) N 1 CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA

Wulansari, Devi (2016) KEBIJAKAN SISTEM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) N 1 CANGKRINGAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Devi Wulansari_12110241043.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan sistem penerimaan peserta didik baru serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kebijakan sistem penerimaan peserta didik baru di SMK N 1 Cangkringan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Cangkringan Sleman Yogyakarta. Adapun subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, panitia penerimaan peserta didik baru/PPDB, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan metode trianggulasi sumber dan metode trianggulasi teknik dengan membandingkan data yang diperoleh kemudian dianalisis secara terus menerus sampai diperoleh kejenuhan data sehingga data dapat dipandang mengandung kebenaran.Teknik analisis data menggunakan cara pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1) Kebijakan Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru di SMK N 1 Cangkringan sudah dilakukan dengan berbagai program guna meningkatkan jumlah peserta didik baru. Program-program tersebut meliputi program meningkatkan kualitas SDM, pembenahan infrastruktur sekolah, peningkatan mutu dibidang akademik maupun non akademik, mengadakan lomba sebagai ajang promosi serta membuka jurusan baru. 2) Faktor pendukung meliputi: dukungan dari peran guru dan siswa menjadi faktor utama keberhasilan promosi dalam rangka meningkatkan jumlah peserta didik, karena guru dan siswa berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan promosi, serta kegiatan promosi tersebut dilakukan dengan menggunakan berbagai media seperti brosur, pamflet, leaflet, website dan blog. 3) Faktor penghambat meliputi: letak geografis sekolah yang berada di daerah lereng merapi, perbedaan pemahaman SDM yang berbeda-beda karena kemampuan setiap individu tidak sama, serta dari segi biaya untuk penerimaan peserta didik baru/PPDB yang belum tercukupi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Pendidikan, Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru, Siswa
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 05 Oct 2016 04:31
Last Modified: 30 Jan 2019 11:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41969

Actions (login required)

View Item View Item