Pengaruh Pemanfaatan Media Flash Berbasis Karakter Terhadap Keefektifan Pembelajaran IPA SD

Soko, Imelda Paulina (2011) Pengaruh Pemanfaatan Media Flash Berbasis Karakter Terhadap Keefektifan Pembelajaran IPA SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-imelda-paulina-soko-09707251031.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan nilai karakter terkait nilai Ketaatan Beribadah, Tanggung Jawab, dan Peduli Lingkungan antara siswa pada kegiatan pembelajaran yang menggunakan Media Flash Berbasis Karakter dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan Media PowerPoint, pada mata pelajaran IPA SD; (2) mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa pada kegiatan pembelajaran yang menggunakan Media Flash Berbasis Karakter dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan Media PowerPoint, pada mata pelajaran IPA SD; (3) mengetahui perbedaan aktivitas belajar antara siswa pada kegiatan pembelajaran yang menggunakan Media Flash Berbasis Karakter dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan Media PowerPoint pada mata pelajaran IPA SD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain randomized pretest-posttest control group. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas IV SD Negeri Jetisharjo dan SD Negeri Bangirejo. Sampel dipilih dengan teknik restricted random sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diperoleh dengan: (1) Tes, untuk mengukur hasil belajar siswa, (2) Non Tes, berupa: angket (kuisioner) dengan skala Likert, dan lembar observasi. Pengukuran didasarkan pada skor yang diperoleh siswa berdasarkan hasil tes, pengisian angket tentang nilai karakter, dan hasil pengamatan. Data dianalisis menggunakan teknik: (1) statistik deskriptif dan (2) statistik inferensial dengan Multivariate Analysis of Variance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan nilai karakter terkait nilai Ketaatan Beribadah, Tanggung Jawab, dan Peduli Lingkungan antara siswa pada kegiatan pembelajaran yang menggunakan Media Flash Berbasis Karakter dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan Media PowerPoint, pada mata pelajaran IPA SD; (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa pada kegiatan pembelajaran yang menggunakan Media Flash Berbasis Karakter dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan Media PowerPoint pada mata pelajaran IPA SD; (3) terdapat perbedaan aktivitas belajar antara siswa pada kegiatan pembelajaran yang menggunakan Media Flash Berbasis Karakter dan kegiatan pembelajaran yang menggunakan Media PowerPoint pada mata pelajaran IPA SD.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media flash, berbasis karakter, keefektifan, pembelajaran IPA
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2016 04:16
Last Modified: 29 Jan 2019 08:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41966

Actions (login required)

View Item View Item