PENDIDIKAN WAWASAN NUSANTARA PADA PROGRAM KAPAL PEMUDA NUSANTARA TAHUN 2012-2015

Suwartini, Suwartini (2016) PENDIDIKAN WAWASAN NUSANTARA PADA PROGRAM KAPAL PEMUDA NUSANTARA TAHUN 2012-2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Suwartini_12110244033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pendidikan Wawasan Nusantara pada program Kapal Pemuda Nusantara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Lokasi penelitian dilaksanakan di Kementrian Pemuda dan Olahraga. Subjek penelitian ini adalah enam peserta yang mengikuti Program Kapal Pemuda Nusantara Tahun 2012-2015. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen Pendidikan Wawasan Nusantara meliputi 1) Tujuan Pendidikan, 2) Peserta Didik, 3) Pendidik, 4) Kurikulum, 5) Sarana dan Prasarana Pendidikan, dan 6) Materi Pendidikan dan 7) Metode Pendidikan. Pemahaman peserta Kapal Pemuda Nusantara terhadap Wawasan Nusantara antara lain a) mengerti bahwa berbusana, tatanan rambut, bahasa, adat dan karakter individu dari setiap daerah di Provinsi se-Indonesia berbeda-beda; b) Peserta mengenal budaya secara nyata melalui Pagelaran Seni Budaya yang menampilkan seluruh seni dari Provinsi se-Indonesia serta tarian sambutan daerah kunjungan maupun tempat singgah; c) Memahami Indonesia yang terdiri dari banyak pulau-pulau; d) memahami pariwisata Indonesia yang unik dan menarik. Perilaku dan Sikap dari Peserta Kapal Pemuda Nusantara antara lain a) lebih peka terhadap lingkungan, dengan melihat dan mengetahui berbagai kondisi di Indonesia seperti infrastruktur, pariwisata, pendidikan dan budaya; b) menyadari bahwa Indonesia memiliki kekayaan budaya dan menjadi lebih cinta dengan Indonesia; c) termotivasinya pemuda untuk semangat cinta tanah air dan disiplin diri; d) menjalin persahabatan, memperkuat motivasi dan kemampuan para pemuda dalam membangun networking di berbagai bidang; e) meningkatkan kesadaran pemuda Indonesia akan wilayah nusantara yang terdiri atas pulau-pulau dan laut dengan kekayaan yang terkandung didalamnya yang belum dikelola dan dimanfaatkan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendidikan wawasan nusantara, program kapal pemuda nusantara
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 05 Oct 2016 04:31
Last Modified: 30 Jan 2019 11:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41964

Actions (login required)

View Item View Item