Pengaruh Penerapan Ecological Approach melalui Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Biologi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA N 1 Pandeglang.

Mahmudah, Eva Rifa'atul (2016) Pengaruh Penerapan Ecological Approach melalui Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Biologi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik SMA N 1 Pandeglang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eva-rifa'atul-mahmudah-14725251035.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan Ecological Approach melalui model PBL dalam pembelajaran biologi terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik di SMA N 1 Pandeglang tahun ajaran 2015/2016 pada materi ekosistem dan pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan desain “pretest-posttest nonequivalent control group design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pandeglang tahun pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik random sampling yaitu 70 peserta didik yang dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dengan menggunakan Ecological Approach dan kelas kontrol dengan tanpa menggunakan Ecological Approach. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Ecological Approach dengan model PBL sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik. Data penelitian ini dikumpulkan dengan test kompetensi berpikir kritis dan angket serta lembar observasi sikap ilmiah peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis dengan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti Ecological Approach dengan pembelajaran yang tanpa menggunakan Ecological Approach dengan harga F = 22.082 dengan nilai signifikan 0,000 dan α < (0,05), (2) Terdapat perbedaan sikap ilmiah yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan Ecological Approach dengan pembelajaran yang tanpa menggunakan Ecological Approach dengan harga F = 25.137 dengan nilai signifikan 0,000 dan α < (0,05) . (3) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah yang signifikan antara peserta didik yang mengikuti Ecological Approach dengan pembelajaran yang tanpa menggunakan Ecological Approach dengan harga F = 20.151 dengan nilai signifikan 0,000 dan α < (0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: ecological approach, problem based learning, sikap ilmiah, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Oct 2016 04:02
Last Modified: 09 May 2019 07:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41963

Actions (login required)

View Item View Item