Pengembangan Multimedia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Media Pembelajaran

Suartama, I Kadek (2011) Pengembangan Multimedia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-i-kadek-suartama-09707251030.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) menghasilkan multimedia mata kuliah Media Pembelajaran yang layak digunakan dalam pembelajaran, 2) mengetahui kelayakan multimedia mata kuliah Media Pembelajaran yang telah dihasilkan dari aspek pembelajaran, aspek isi/materi, aspek tampilan dan aspek teknis, dan 3) mengetahui kualitas pembelajaran pada mata kuliah Media Pembelajaran setelah menggunakan multimedia. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Setelah melalui tahap produksi dihasilkan produk awal kemudian dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya, produk diujicobakan kepada mahasiswa melalui tiga tahap, yaitu uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Untuk mengetahui efektivitas atau fungsi produk dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dalam bentuk peningkatan pencapaian hasil belajar, maka dilakukan evaluasi sumatif. Subjek uji coba produk adalah mahasiswa semester II Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Subjek uji coba penelitian ini terdiri dari 3 mahasiswa untuk uji coba perorangan, 10 mahasiswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 23 mahasiswa untuk uji coba lapangan. Sedangkan pada evaluasi sumatif melibatkan 37 mahasiswa yang dibagi menjadi 2 kelompok. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data dari ahli materi, data ahli media, dan dari mahasiswa. Instrumen pengumpulan data berupa instrumen evaluasi untuk ahli materi, ahli media, untuk subjek uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan serta instrumen berupa tes hasil belajar. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: 1) pengembangan multimedia pembelajaran melalui tahap analisis kebutuhan, desain pembelajaran, produksi, evaluasi formatif yang terdiri dari validasi oleh ahli materi, ahli media dilanjutkan dengan uji coba produk, revisi dan pelaksanaan evaluasi sumatif; 2) kelayakan aspek pembelajaran produk multimedia pembelajaan ini termasuk dalam kategori baik dengan skor 4,05; 3) kelayakan aspek isi/materi produk multimedia pembelajaran ini termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor 4,22; 4) kelayakan aspek tampilan produk multimedia pembelajaran ini termasuk dalam kategori baik dengan skor 4,00; 5) kelayakan aspek teknis produk multimedia pembelajaran ini termasuk dalam kategori baik dengan skor 4,05; dan 6) produk multimedia pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah media pembelajaran, hasil belajar pada kelompok yang menggunakan multimedia lebih baik daripada kelompok yang menggunakan buku ajar dan media presentasi powerpoint, dengan perbedaan antar kelompok sebesar 14,30 poin.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia, kualitas pembelajaran, media pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2016 03:48
Last Modified: 29 Jan 2019 08:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41962

Actions (login required)

View Item View Item