Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP

Yudana, I Gusti Putu Hardi (2011) Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-i-gusti-putu-hardi-yudana-09707251029.swf

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran IPA; (2) mengetahui kualitas kelayakan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran IPA; dan (3) mengetahui efektivitas multimedia interaktif terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang secara umum melalui empat tahapan, yaitu studi pendahuluan, pengembangan desain pembelajaran, pengembangan produk, dan evaluasi produk. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik MTs Yapi Pakem Sleman Yogyakarta berjumlah 78 orang terdiri atas 6 orang peserta didik untuk uji beta dan 72 orang peserta didik untuk validasi program (36 peserta didik untuk kelompok MMI dan 36 orang peserta didik untuk kelompok PP). Instrumen pengumpulan data adalah lembar validasi untuk ahli materi, ahli media, dan pengguna (pendidik dan peserta didik) untuk mengetahui kualitas kelayakan multimedia interaktif dan tes hasil belajar kognitif untuk mengetahui efektivitas multimedia interaktif terhadap hasil belajar IPA. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) multimedia interaktif yang dikembangkan untuk pembelajaran IPA dengan pokok materi tentang organisasi kehidupan, SK ke 6, KD ke 6.3 untuk SMP/MTs kelas VII semester genap; (2) multimedia interaktif yang dihasilkan layak sebagai media pembelajaran IPA berdasarkan validasi oleh ahli materi pada uji alpha dengan skor rerata 4,8 (sangat baik), validasi oleh ahli media pada uji alpha dengan skor rerata 4,5 (sangat baik), validasi oleh pendidik pada uji beta dengan skor rerata 4,1 (baik), validasi oleh peserta didik pada uji beta dan pada validasi program (evaluasi sumatif) dengan skor rerata 4,3 (sangat baik) dan 4,0 (baik); (3) efektivitas multimedia interaktif terhadap hasil belajar IPA peserta didik lebih baik dari pada power point begitu juga dengan pencapaian KKM. Adapun effect size masing-masing kelompok yaitu kelompok MMI sebesar 30,7 dan kelompok PP sebesar 23,9 dengan perbandingan effect size antar kelompok sebesar 6,8 point. Untuk pencapaian KKM kelompok MMI yang berjumlah 36 orang peserta didik dinyatakan seluruhnya tuntas (100%) sedangkan kelompok PP yang berjumlah 36 orang peserta didik, 31 orang peserta didik (86,1%) dinyatakan tuntas dan 5 orang peserta didik (13,9%) dinyatakan belum tuntas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, hasil belajar, IPA
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2016 03:02
Last Modified: 29 Jan 2019 08:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41960

Actions (login required)

View Item View Item