Pengaruh Ketepatan Metode Pembelajaran, Penguatan dari Guru, dan Penerimaan Teman Sebaya terhadap Keterampilan Bertanya pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa SMA di Kabupaten Sleman melalui Pemahaman sebagai Variabel Intervening.

Prilanita, Yeni Nur (2016) Pengaruh Ketepatan Metode Pembelajaran, Penguatan dari Guru, dan Penerimaan Teman Sebaya terhadap Keterampilan Bertanya pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa SMA di Kabupaten Sleman melalui Pemahaman sebagai Variabel Intervening. S2 thesis, UNY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung ketepatan metode pembelajaran, penguatan dari guru dan penerimaan teman sebaya terhadap pemahaman materi ekonomi siswa; (2) pengaruh secara simultan dan langsung ketepatan metode pembelajaran, penguatan dari guru dan penerimaan teman sebaya terhadap pemahaman materi ekonomi siswa; (3) pengaruh langsung ketepatan metode pembelajaran, penguatan dari guru, penerimaan teman sebaya dan pemahaman materi ekonomi terhadap keterampilan bertanya siswa; (4) pengaruh secara simultan dan langsung ketepatan metode pembelajaran, penguatan dari guru, penerimaan teman sebaya dan pemahaman materi ekonomi terhadap keterampilan bertanya siswa; (5) pengaruh tidak langsung ketepatan metode pembelajaran, penguatan dari guru dan penerimaan teman sebaya terhadap keterampilan bertanya siswa melalui pemahaman materi ekonomi. Penelitian ini merupakan survei yang eksplanatif asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah 647 siswa SMA di Sleman yang menggunakan K 13. Sampel sejumlah 472 siswa menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Data diperoleh dengan non-tes berupa observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Pengujian validitas dilakukan dengan expert judgement dan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan pengujian reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha (α). Analisis data menggunakan teknik statistik regresi berganda dan analisis jalur. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Ada pengaruh secara langsung dan signifikan penguatan dari guru; ketepatan metode pembelajaran terhadap pemahaman materi ekonomi siswa. Namun penerimaan teman sebaya tidak memberikan pengaruh secara langsung dan signifikan terhadap pemahaman materi ekonomi siswa. (2) Ada pengaruh secara simultan penguatan dari guru, ketepatan metode pembelajaran dan penerimaan teman sebaya terhadap pemahaman materi ekonomi siswa. (3) Ada pengaruh secara langsung dan signifikan penguatan dari guru; penerimaan teman sebaya dan pemahaman materi ekonomi terhadap keterampilan bertanya siswa. Namun ketepatan metode pembelajaran tidak memberikan pengaruh secara langsung dan signifikan terhadap keterampilan bertanya siswa. (4) Ada pengaruh secara simultan penguatan dari guru, ketepatan metode pembelajaran, penerimaan teman sebaya dan pemahaman materi ekonomi terhadap keterampilan bertanya siswa. (5) Ada pengaruh secara tidak langsung penguatan dari guru, ketepatan metode pembelajaran sebesar terhadap keterampilan bertanya siswa. Namun penerimaan teman sebaya cenderung memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap keterampilan bertanya siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, penguatan guru dan teman sebaya, pemahaman materi, keterampilan bertanya
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Oct 2016 02:40
Last Modified: 09 May 2019 07:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41957

Actions (login required)

View Item View Item