Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester 2 dengan Pendekatan PBL Berorientasi pada Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis, dan Rasa Ingin Tahu Siswa.

Buchori, Buchori (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester 2 dengan Pendekatan PBL Berorientasi pada Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis, dan Rasa Ingin Tahu Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-bukhori-14709259011.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMP kelas VIII Semester 2 dengan pendekatan PBL yang valid, praktis, dan efektif. Perangkat pembelajaran ini terdiri atas RPP dan LKS yang berorientasi pada prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis, dan rasa ingin tahu siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh tahap, yaitu: studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi ahli, revisi draft 1, uji coba terbatas, revisi draft 2, uji coba lapangan, revisi draft 3, dan diseminasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa yang berasal dari SMPN 2 Garut dan SMPN 6 Garut, Kabupaten Garut. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh guru dan siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes prestasi belajar, tes kemampuan penalaran matematis, dan angket sikap rasa ingin tahu siswa. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis,dan efektif. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran valid dengan rerata skor validasi RPP yaitu 166 (sangat baik), rerata skor validasi LKS yaitu 119 (sangat baik), dan indeks Aiken (V) setiap butir dalam insrumen penilaian lebih dari 0,50. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis dengan rerata skor penilaian kepraktisan oleh guru 84,75 (sangat praktis), rerata skor penilaian kepraktisan oleh siswa yaitu 59,96 (praktis) dan rerata skor persentase keterlaksanaan pembelajaran di kelas VIII G SMPN 2 Garut 92,48% dan di kelas VIII A SMPN 6 Garut 89,54%.Keefektifan perangkat yang dikembangkan terlihat dari (1) ketuntasan belajar secara klasikal sudah mencapai kriteria minimal 75% yaitu untuk tes prestasi belajar mencapai 98,53%;(2)hasil tes kemampuan penalaran matematis mencapai 92,65%;(3) berdasarkan angket rasa ingin tahu siswa, 97,06% siswa menunjukkan peningkatan skor rasa ingin tahu siswa, dan 97,06% siswa menunjukkan rasa ingin tahu dengan kriteria minimal tinggi. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan pendekatan PBL lebih efektif daripada perangkat pembelajaran saintifik ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis, dan rasa ingin tahu siswa. Hal tersebut dikarenakan skor rerata gain kelas uji coba(menggunakan perangkat PBL) lebih tinggi daripada kelas kontrol (menggunakan perangkat pembelajaran saintifik).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penalaran matematis, pengembangan, perangkat pembelajaran, prestasi belajar, PBL, rasa ingin tahu siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Oct 2016 01:58
Last Modified: 09 May 2019 07:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41955

Actions (login required)

View Item View Item