HUBUNGAN ANTARA TINGKAT EKONOMI KELUARGA DENGAN MOTIVASI SISWA MASUK JURUSAN TATA BUSANA (STUDI KASUS DI SMK DIPONEGORO DEPOK)

Suryani, Lubis (2016) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT EKONOMI KELUARGA DENGAN MOTIVASI SISWA MASUK JURUSAN TATA BUSANA (STUDI KASUS DI SMK DIPONEGORO DEPOK). S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SURYANI LUBIS 04513241018.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, 1) mengetahui tentang tingkat ekonomi keluarga siswa SMK Diponegoro Depok, 2) mengetahui seberapa besar motivasi siswa masuk SMK Diponegoro Depok, 3) mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara tingkat ekonomi keluarga dengan motivasi siswa masuk SMK Diponegoro Depok. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan metode survey. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X Jurusan Tata Busana SMK Diponegoro Depok Tahun Ajaran 2011/2012. Sampel pada penelitian ini menggunakan sampel teknik sampel pertimbangan (sampel yang mempunyai ciri relevan dengan penelitian) yaitu seluruh siswa kelas X yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian menggunakan angket untuk siswa. Analisis data menggunakan korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menyimpulkan hasil analisis korelasi Product Moment menunjukkan bahwa ada hubungan antara tingkat ekonomi keluarga dan motivasi siswa masuk jurusan tata busana. Adanya hubungan disebabkan oleh nilai koefisien korelasi r hitung sebesar 0,796 di atas nilai koefisien standar 0,374 atau r hitung > r tabel dengan peluang kesalahan di bawah 5% sehingga hipotesis diterima. Artinya tingkat ekonomi keluarga memberikan kontribusi kepada motivasi siswa masuk SMK Jurusan Tata Busana. Besarnya sumbangan yang diberikan oleh tingkat ekonomi keluarga terhadap motivasi siswa masuk SMK Jurusan Tata Busana dapat diketahui dari harga koefisien determinan. Koefisien determinan (R²) yang diperoleh sebesar 0,634, artinya besarnya sumbangan yang diberikan oleh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 63,4%. Artinya, tingkat ekonomi keluaga sangat menentukan motivasi siswa masuk SMK Jurusan Tata Busana.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tingkat ekonomi keluarga, motivasi siswa masuk jurusan tata busana, hubungan antara tingkat ekonomi keluarga dengan motivasi siswa masuk jurusan tata busana
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 05 Oct 2016 04:30
Last Modified: 30 Jan 2019 11:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41950

Actions (login required)

View Item View Item