PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH PAKEM SLEMAN

Feriyanti, Asri (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH PAKEM SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Asri Feriyanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang perencanaan, pelaksanaan dan kendala dalam penerapan pembelajaran berbantuan komputer pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas V SD Muhammadiyah Pakem Sleman pada semester genap. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data berlangsung pada bulan Januari-Februari 2014. Subyek penelitian ini adalah guru IPS kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa pedoman observasi, wawancara dan analisis dokumen RPP. Keabsahan data dengan triangulasi data, maka wawancara dilakukan dengan sumber guru IPS kelas V, guru wali kelas V, kepala sekolah dan siswa kelas V. Hasil penelitian penerapan pembelajaran berbantuan komputer menunjukkan bahwa: (1) rencana pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan berpedoman pada multimedia interaktif yang akan disampaikan, RPP yang tertulis secara administratif belum menunjukkan pembelajaran berbantuan komputer, ada beberapa komponen yang perlu diperbaiki yaitu metode belum menunjukkan pembelajaran berbantuan komputer, alokasi waktu belum tertulis secara jelas tanggal pelaksanaan, penilaian belum jelas dalam setiap pertemuan, dan sumber belajar belum menyantumkan berbantuan komputer, (2) pembelajaran berbantuan komputer di kelas V dengan dua cara, pertama guru menggunakan LCD dalam menjelaskan materi, kedua siswa belajar mandiri dengan multimedia interaktif, (3) keuntungan pelaksanaan pembelajaran adalah dapat memudahkan perencanaan pembelajaran, guru jadi lebih inovatif, siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, (4) kendala pelaksanaan pembelajaran adalah keterbatasan kemampuan guru mengoperasikan komputer, sarana yang ada hanya cukup untuk satu rombongan belajar, dan waktu yang terbatas dengan materi sangat banyak. Kata kunci: pembelajaran berbantuan komputer, ilmu pengetahuan sosial, sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Oct 2016 01:07
Last Modified: 04 Oct 2016 01:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41949

Actions (login required)

View Item View Item