Pengembangan LKS Berbasis E2K untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA

Suwarno, Edi (2016) Pengembangan LKS Berbasis E2K untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis-edi-suwarno-10708251014.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan lembar kerja siswa (LKS) berbasis eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi (E2K) yang layak untuk pembelajaran fisika, ditinjau dari kelayakan materi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikaan; (2) mengungkapkan dampak peningkatan keterampilan proses; dan (3) mengungkapkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan research and development. Pengembangan dilakukan dengan mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall (1983) dengan melalui tujuh tahap pengembangan yaitu: (1) penelitian pendahuluan; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) uji coba kelompok kecil; (5) revisi produk hasil uji coba kelompok kecil; (6) uji coba lapangan dan (7) revisi produk uji coba lapangan. Subjek uji coba kelompok kecil adalah Sembilan siswa kelas X SMA Negeri 1 Kroya dan subjek uji coba lapangan adalah 96 siswa SMA yang sama. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner, lembar observasi, jawaban LKS E2K, dan pretest/ posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil LKS E2K yang dikembangkan “layak” untuk pembelajaran fisika, ditinjau dari kelayakan materi, penyajian, kebahasaan dan kegrafikaan menurut ahli, guru fisika, dan teman sejawat, dan secara keseluruhan dikategorikan layak. LKS E2K yang dikembangkan merupakan LKS yang mengutamakan proses fisika. Pembelajaran dengan LKS E2K dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar kognitif siswa. Peningkatan skor keterampilan proses tiap LKS E2K yaitu 3,08 untuk LKS E2K1; 2,83 untuk LKS E2K2; 2,92 untuk LKS E2K 3 (pada skala nilai 1-4). Keterampilan proses siswa yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah keterampilan menyimpulkan dan peningkatan paling rendah yaitu mengukur. LKS E2K yang dikembangkan memiliki kelebihan yaitu adanya keterampilan merumuskan hipotesis dan membuat grafik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: LKS E2K, keterampilan proses, kognitif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Oct 2016 01:18
Last Modified: 09 May 2019 07:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41948

Actions (login required)

View Item View Item