KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SELF-DIRECTED UNTUK PENINGKATAN PENGUASAAN ANALISIS RANGKAIAN LISTRIK DAN AKTIVITAS SISWA PADA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN DI SMK 1 SEDAYU

Surya, Eka Dwi Purba (2016) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SELF-DIRECTED UNTUK PENINGKATAN PENGUASAAN ANALISIS RANGKAIAN LISTRIK DAN AKTIVITAS SISWA PADA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN DI SMK 1 SEDAYU. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Surya Eka Dwi Purba 10501244030.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SELF-DIRECTED UNTUK PENINGKATAN PENGUASAAN ANALISIS RANGKAIAN LISTRIK DAN AKTIVITAS SISWA PADA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN DI SMK 1 SEDAYU Oleh: Surya Eka Dwi Purba NIM. 10501244030 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas: (1) peningkatan penguasaan analisis rangkaian listrik siswa yang menggunakan Pembelajaran Self-Directed dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (2) peningkatan aktivitas siswa yang menggunakan Pembelajaran Self-Directed dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (3) Pembelajaran Self-Directed dengan media pembelajaran berbasis lectora dan website terhadap penguasaan analisis rangkaian listrik dan aktivitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan desain faktorial. Penelitian dilakukan di SMK 1 Sedayu. Subjek penelitian adalah siswa kelas Xa dan Xb Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 64 orang. Kelas Xa sebagai kelas eksperimen dan kelas Xb sebagai kelas kontrol. Efektifitas Pembelajaran Self-Directed dilakukan dengan membandingkan dua faktor yaitu media pembelajaran berbasis website dan lectora. Validitas instrumen dilakukan dengan expert judgement, uji validitas, dan uji realibilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji t dan Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran Self-Directed lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan Pembelajaran Konvensional pada penguasaan analisis rangkaian listrik, berdasarkan hasil uji beda yaitu thitung 7,067 lebih besar dari ttabel 1,999, dan nilai signifikansi sebesar 0,000; (2) Pembelajaran Self-Directed lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan pembelajaran konvensional pada aktivitas siswa, berdasarkan hasil uji beda yaitu thitung 2,143 lebih besar dari ttabel 1,999, dan nilai signifikansi sebesar 0,036; (3) penggunaan media pembelajaran dalam Pembelajaran Self-Directed mempunyai pengaruh yang berbeda secara signifikan. Hasil uji statistik Fhitung 4,388 lebih besar dari Ftabel 2,75, dan nilai signifikansi sebesar 0,040; (4) Pembelajaran Self-Directed dengan media pembelajaran berbasis website lebih efektif dari media pembelajaran berbasis lectora terhadap penguasaan analisis rangkaian listrik, berdasarkan hasil uji beda thitung 3,347 lebih besar dari ttabel 2,042 dan nilai signifikansi sebesar 0,002; (5) Penggunaan Pembelajaran Self-Directed dengan media pembelajaran berbasis website dan lectora memiliki keefektifan yang sama terhadap aktivitas siswa, berdasarkan hasil uji beda thitung 0,283 lebih kecil dari ttabel 2,042 dan nilai signifikansi sebesar 0,779. Kata kunci: aktivitas siswa, keefektifan, media pembelajaran, penguasaan analisis, self-directed.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 04 Oct 2016 00:52
Last Modified: 30 Jan 2019 11:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41946

Actions (login required)

View Item View Item