LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN

Arif Budiarto, Arif Budiarto (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)
[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. Tujuan utama dari kegiatan PPL adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan. keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang faktual dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri mahasiswa. Kegiatan PPL UNY 2014 SMK N 2 Depok diawali dari penerjunan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), kuliah Pembelajaran Mikro, observasi lingkungan pembelajaran, hingga praktik belajar mengajar yang sebenarnya di SMK N 2 Depok Jurusan Teknik Otomasi Industri (TOI). Kegiatan yang dilakukan selama PPL antara lain persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan alat pembelajaran dan melakukan evaluasi hasil belajar siswa. Adapun administrasi mengajar yang dibuat diantaranya RPP, silabus, lembar informasi siswa, lembar kerja siswa, soal evaluasi dan administarasi guru yang lainnya. Mata diklat yang diampu oleh praktikan adalah Dasar dan Pengukuran Listrik kelas X Teknik Otomasi Industri (TOI). Jumlah mengajar mahasiswa praktikan sampai batas akhir tanggal 17 September 2014 adalah 5 pertemuan. Kemudian guru pembimbing memberi kebijakan menambah 2 kali pertemuan sehingga total keseluruhan berjumlah 7 kali pertemuan hal ini di karenakan guru pembimbing melihat praktikan sudah baik. Kelas yang diampu terdiri dari 32 speserta didik, 15 putri dan 17 putra. Jadwal mengajar setiap hari Senin pukul 9.45-14.25 dan Rabu pukul 11.00-14.25. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan mengajar, belajar mengatasi hambatan-hambatan yang muncul selama proses pembelajaran, dan belajar menjadi seorang guru yang profesional yang mampu menjawab tantangan dunia pendidikan dimasa yang akan datang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 04 Oct 2016 00:06
Last Modified: 01 Oct 2019 11:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41936

Actions (login required)

View Item View Item