LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN

Ade Indah lestari, Ade Indah lestari (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN. laporan ppl.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. Tujuan utama dari kegiatan PPL adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan. keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki dalam uatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang faktual dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri mahasiswa. Kegiatan PPL UNY 2014 SMK N 2 Depok diawali dari penerjunan oleh Dosen Pamong, kuliah Pembelajaran Mikro, observasi lingkungan pembelajaran, hingga praktik belajar mengajar yang sebenarnya di SMK N 2 Depok Program Keahlian Teknik Otomasi Industri (TOI). Kegiatan yang dilakukan selama PPL antaralain persiapan administrasi mengajar, menyusun dan mengembangkan alat pembelajaran dan melakukan evaluasi hasil belajar siswa. Adapun administrasi mengajar yang dibuat diantaranya RPP, silabus, lembar informasi siswa,lembar kerja siswa, soal evaluasi dan administarasi guru yang lainnya. Mata diklat yang diampu oleh praktikan adalah Pekerjaan Dasar Elektromekanik kelas X Teknik Otomasi Industri (TOI). Jumlah mengajar mahasiswa praktikan sampai batas akhir tanggal 17 September 2014 adalah 5 pertemuan. Kemudian guru pembimbing memberi kebijakan menambah 2 kali pertemuan sehingga total keseluruhan berjumlah 7 kali pertemuan hal ini di karenakan guru pembimbing melihat praktikan sudah baik. Jadwal mengajar praktikan adalah setiap hari Selasa dengan waktu 5 jam pelajaran dimulai pukul 09.15 sampai 13.15 WIB. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah pengalaman nyata dalam mengajar, pengalaman dalam menghadapi peserta didik yang mempunyai karakter yang berbeda-beda, belajar untuk membuat persiapan mengajar, belajar mengatasi hambatan-hambatan yang muncul selama proses pembelajaran, dan belajar menjadi seorang guru yang profesional yang mampu menjawab tantangan dunia pendidikan dimasa yang akan datang.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 03 Oct 2016 23:55
Last Modified: 03 Oct 2016 23:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41935

Actions (login required)

View Item View Item