PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BARANG DAGANG DAN BAHAN BAKU PADA UD. PUTERI BAKERY

GALIH PRASTOWO, WAHYU (2016) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERSEDIAAN BARANG DAGANG DAN BAHAN BAKU PADA UD. PUTERI BAKERY. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem informasi akuntansi persediaan barang dagang dan bahan baku yang ada pada UD. Puteri Bakery, merancang sistem informasi akuntansi persediaan barang dagang dan bahan baku yang sesuai dengan kebutuhan UD. Puteri Bakery dan mengetahui implementasi sistem informasi akuntansi persediaan barang dagang dan bahan baku pada UD. Puteri Bakery. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Subyek penelitian ini adalah UD. Puteri Bakery. Objek dalam penelitian ini adalah fungsi atau bagian terkait, dokumen yang digunakan sebagai catatan akuntansi persediaan barang dagang dan persediaan yang dicatat pada sistem informasi akuntansi yang dimiliki UD. Puteri Bakery. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah System Development Life Cycle (SDLC) yang meliputi analisis sistem, perancangan sistem, desain sistem dan implementasi sistem. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Barang Dagang dan Bahan Baku pada UD. Puteri Bakery masih menggunakan sistem manual, 2) Fungsi yang terkait pemilik, produksi, pengemasan keuangan, distribusi dan dagang, 3) Dokumen yang digunakan nota pembelian dan retur, 4) Catatan yang digunakan catatan pembelian, catatan penjualan dan rekapitulasi persediaan barang dagang dan bahan baku, 5) Prosedur yang digunakan prosedur pembelian, prosedur retur pembelian, prosedur penjualan dan prosedur retur penjualan, 6) Berdasarkan analisis PIECES dapat disimpulkan bahwa sistem lama masih banyak kelemahan, dan berdasarka analisis kebutuhan sistem, secara fungsional dan nonfungsional, perancangan sistem yang baru diperlukan bagi perusahaan berdasarkan hasil analisis kelayakan dari kelima aspek TELOS, 7) Pengembangan sistem meiputi a) Desain database, b) Desain input, c) Desain output terdiri dari: laporan pembelian dan retur, laporan penjualan dan retur, laporan persediaan barang dagang dan laporan persediaan bahan baku, d) Hasil dari implementasi menunjukkan bahwa sistem dapat berjalan dengan lancar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SIA Persediaan Barang Dagang dan Bahan Baku, System Development Life Cycle (SDLC), UD. Puteri Bakery
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 03 Oct 2016 08:19
Last Modified: 30 Jan 2019 11:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41929

Actions (login required)

View Item View Item