PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL TEKNIK DASAR BOLA TANGAN UNTUK MAHASISWA PJKR FIK UNY

Nursantiko, Duaji Rahadyan (2016) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL TEKNIK DASAR BOLA TANGAN UNTUK MAHASISWA PJKR FIK UNY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DUAJI 2012.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena masih minimnya media pembelajaran video teknik dasar bola tangan di kalangan mahasiswa PJKR. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui: (1) Bagaimana mengembangkan video tutorial teknik dasar bola tangan untuk mahasiswa PJKR FIK UNY angkatan 2013 yang mengambil mata kuliah permainan bola tangan layak digunakan, dan (2) Bagaimana kualitas pengembangan video tutorial teknik dasar bola tangan untuk mahasiswa PJKR FIK UNY angkatan 2013 yang mengambil mata kuliah permainan bola tangan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk ahli media, ahli materi, dan mahasiswa. Subjek uji coba yaitu mahasiswa PJKR FIK UNY angkatan 2013 yang berjumlah 30 mahasiswa. Pengembangan video tutorial teknik dasar bola tangan untuk mahasiswa FIK UNY dilakukan melalui 4 tahap, yaitu: (1) tahap awal; (2) tahap desain; (3) tahap pengembangan; dan (4) tahap ujicoba atau implementasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli materi 1 diperoleh persentase sebesar 92% dalam kategori “sangat layak”, ahli materi 2 diperoleh persentase sebesar 92% dalam kategori “sangat layak”, dan ahli media diperoleh persentase sebesar 86,67% dalam kategori “sangat layak”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa video tutorial teknik dasar bola tangan untuk mahasiswa PJKR FIK UNY sangat layak digunakan sebagai pedoman pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, video tutorial, teknik dasar bola tangan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Oct 2016 08:25
Last Modified: 30 Jan 2019 11:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41928

Actions (login required)

View Item View Item