PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI PELATIHAN ASERTIF PADA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 1 BERBAH

Ariesta Dian Pramesti, Ariesta (2016) PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI PELATIHAN ASERTIF PADA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 1 BERBAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_ARIESTA DIAN PRAMESTI_12104244028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan rasa percaya diri siswa melalui pelatihan asertif pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Berbah . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Penelitian dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dan guru Bimbingan dan Konseling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala, observasi, dan wawancara. Intrumen yang digunakan skala rasa percaya diri, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalas deskriptif kuantitatif, dilengkapi dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan skor rasa percaya diri subjek pada setiap siklus yang dilakukan. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rasa percaya diri pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Berbah. Terlihat dari hasil skor tes pra tindakan 71,61 yang mengalami peningkatan skor menjadi 84,06 pada tes pasca tindakan siklus I dan mengalami peningkatan skor menjadi 99,06 pada tes pasca tindakan siklus II. Interpretasi hasil observasi dan wawancara menunjukkan peningkatan rasa percaya diri siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelatihan asertif dapat meningkatkan rasa percaya diri pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Berbah. Kata kunci : rasa percaya diri, pelatihan asertif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 03 Oct 2016 04:38
Last Modified: 30 Jan 2019 11:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41927

Actions (login required)

View Item View Item