UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS III B SD N MARGOYASAN YOGYAKARTA

Akbar, Amila (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS III B SD N MARGOYASAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Amila Akbar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III B SD N Margoyasan Yogyakarta pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas III B SD N Margoyasan Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan mengikuti prosedur penelitian yang didasarkan pada prinsip Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart yang memiliki 3 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan dan observasi, serta tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III B SD N Margoyasan Yogyakarta yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Data yang telah diperoleh akan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 68,4 dengan persentase sebesar 44% dan nilai rata-rata siswa pada siklus II adalah 76,56 dengan persentase 80%. Dengan demikian, penggunaan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III B SD N Margoyasan Yogyakarta. Kata Kunci: Metode tutor sebaya, PTK, Hasil belajar IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 03 Oct 2016 05:05
Last Modified: 30 Jan 2019 11:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41926

Actions (login required)

View Item View Item