KOMPETENSI SOSIAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN

Fitria Syahrulita Mayasari, Fitria (2016) KOMPETENSI SOSIAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi Fitria.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi sosial guru bimbingan dan konseling beserta alasannya pada guru bimbingan dan konseling SMP Negeri di Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel diambil dengan menggunakan teknik proportionate cluster random sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 25% dari seluruh populasi yaitu 33 guru bimbingan dan konseling. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah angket kinerja kompetensi sosial pada guru bimbingan dan konseling. Validitas instrumen dilakukan berdasar pada validitas konstruk menggunakan pendapat dari ahli (expert judgement). Sesuai dengan kebijakan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, uji validitas instrumen pengumpulan data/angket dilakukan oleh dosen pembimbing skripsi sebagai tenaga ahli dalam bidang ilmu tersebut. Dalam penelitian ini peneliti melakukan validitas dengan meminta pendapat ahli yaitu Dr. Muh. Farozin, M.Pd. Beliau adalah dosen ahli di bidang ilmu bimbingan dan konseling, sekaligus menjadi dosen pembimbing skripsi peneliti.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan skor rerata dari seluruh guru bimbingan dan konseling sebesar 1,90. Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi sosial guru bimbingan dan konseling SMP Negeri di Kabupaten Sleman terkategori “tinggi” karena skor rerata nya berada pada interval 176-210. Kompetensi sosial guru bimbingan dan konseling berdasarkan aspek mengimplementasikan kolaborasi intern di tempat bekerja memiliki skor mean 1,90 berada pada kategori “tinggi”, aspek berperan dalam organisasi dan kegiatan profesi bimbingan dan konseling memiliki skor mean 1,61 berada pada kategori “sedang” dan kompetensi sosial guru bimbingan dan konseling berdasarkan aspek mengimplementasikan kolaborasi antar profesi memiliki skor mean 1,80 berada pada kategori “tinggi”. Hal ini berarti guru bimbingan dan konseling SMP Negeri di Kabupaten Sleman dapat dinyatakan kompeten dalam memberikan pelayanan bimbingan dan konseling yang berkualitas. Kata Kunci: kompetensi sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 03 Oct 2016 04:19
Last Modified: 30 Jan 2019 11:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41925

Actions (login required)

View Item View Item