TINGKAT PEMAHAMAN KODE ETIK PROFESI BIMBINGAN DAN KONSELING PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KELOMPOK KERJA KABUPATEN BANTUL

Fajar Ilham, Fajar (2016) TINGKAT PEMAHAMAN KODE ETIK PROFESI BIMBINGAN DAN KONSELING PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KELOMPOK KERJA KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Tingkat Pemahaman Kode Etik Profesi Bimbingan dan Konseling.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman kode etik profesi bimbingan dan konseling pada guru bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N) se-Kelompok Kerja Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode penelitian survei. Subyek penelitian adalah 52 guru bimbingan dan konseling yang diambil dengan teknik populasi. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes benar salah dengan pembenaran. Uji validitas instrumen tes dilaksanakan dengan uji validitas konstruk dan uji reliabilitas dilaksanakan dengan rumus Alpha Cronbach. Uji pemilihan item digunakan parameter indeks tingkat kesulitan dan indeks daya beda. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kode etik profesi bimbingan dan konseling terkategori tinggi dengan persentase 55,77% yang berarti sebanyak 29 guru BK memiliki pemahaman yang tinggi (2) aspek dasar kode etik profesi bimbingan dan konseling terkategori tinggi dengan persentase 50% yang berarti sebanyak 26 guru BK memiliki pemahaman yang tinggi; aspek kualifikasi guru bimbingan dan konseling, kompetensi guru bimbingan dan konseling, dan kegiatan profesional bimbingan dan konseling terkategori tinggi dengan persentase 57,7% yang berarti sebanyak 30 guru BK memiliki pemahaman yang tinggi; aspek pelaksanaan pelayanan BK terkategori tinggi dengan persentase 63,5% yang berarti sebanyak 33 guru BK memiliki pemahaman yang tinggi; aspek pelanggaran dan sanksi kode etik profesi BK terkategori tinggi dengan persentase 48,08% yang berarti sebanyak 25 guru BK memiliki pemahaman yang tinggi; aspek tugas pokok dan fungsi dewan kode etik profesi BK terkategori tinggi dengan persentase 55,77% yang berarti sebanyak 29 guru BK memiliki pemahaman yang tinggi. Kata kunci: kode etik, profesi, bimbingan dan konseling

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 03 Oct 2016 03:59
Last Modified: 30 Jan 2019 11:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41924

Actions (login required)

View Item View Item