KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Sunu Adiansyah, Adiansyah (2016) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Sunu Adiansyah 10501241025.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL Oleh: Sunu Adiansyah NIM. 10501241025 ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah pembelajaran inquiry Based learning efektif untuk meningkatkan kompetensi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran elektronika dasar pada pokok bahasan penerapan macammacam rangkaian flip flop. (2) adakah perbedaan pencapaian kompetensi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran inquiry based learning dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian eksperimen kuasi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK Muhammadiyah 1 Bantul berjumlah 40 siswa. Kelas X TAV 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XTAV 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes, Lembar Kerja Siswa (LKS) dan lembar penilaian observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan Uji Mann Whitney. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran inquiry Based learning efektif untuk meningkatkan kompetensi belajar siswa kelas X pada pokok bahasan penerapan macam-macam rangkaian flip flop, dilihat dari nilai rerata posttest kelas eksperimen yang lebih tinggi dari kelas kontrol. (2) terdapat perbedaan kompetensi yang signifikan a ntara siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional, dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan Uji Mann-Whitney diketahui bahwa nilai P-value yang diperoleh sebesar 0.000< 0,05. Nilai rerata kelas eksperimen sebesar 75,94 lebih baik dari kelas kontrol yang memiliki rerata sebesar 65,41. Kata kunci: eksperimen kuasi, Kompetensi, Pembelajaran Konvensional, Pembelajaran Inquiry Based Learning,.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 03 Oct 2016 02:03
Last Modified: 30 Jan 2019 11:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41916

Actions (login required)

View Item View Item