PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS PP DARUL QURRO

Adhani, Zulfikar Idi and Marsigit, Marsigit (2016) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS PP DARUL QURRO. S1 thesis, Fakultas Matematika dan IPA.

[img] Text
BAB 0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran generatif dan model pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan rancangan eksperimen pretest-posttest dengan dua kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen pertama dan satu sebagai kelas eksperimen kedua yang telah dipilih secara acak (randomized pretest-posttest control group design). Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak (random) dari populasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs PP Darul Qurro, dan sampelnya adalah seluruh siswa dari kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran generatif dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah independent sample t-test (uji-t) Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) penerapan model pembelajaran generatif efektif digunakan dalam pembelajaran matematika materi prisma dan limas ditinjau dari prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata posttest yang mencapai 7.9 lebih besar dari 7,5(KKM), (2) penerapan model pembelajaran berbasis masalah dinyatakan tidak efektif digunakan dalam pembelajaran matematika materi prisma dan limas ditinjau dari prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil rata-rata posttest sebesar 6,2 yang lebih kecil dari KKM, (3) model pembelajaran generatif lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran matematika materi prisma dan limas ditinjau dari prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran generatif, model pembelajaran berbasis masalah, hasil prestasi belajar siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 05 Oct 2016 04:31
Last Modified: 05 Oct 2016 04:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41903

Actions (login required)

View Item View Item