PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS REKONSTRUKSI FILM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 4 KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017

ADITYA NUGROHO, RIO (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS REKONSTRUKSI FILM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 4 KLATEN TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RIO ADITYA NUGROHO_12803241022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan media pembelajaran Akuntansi Berbasis Rekonstruksi Film untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 4 Klaten pada kompetensi dasar Persamaan Dasar Akuntansi; mengetahui kelayakan media pembelajaran Akuntansi Berbasis Rekosntruksi Film berdasarkan validasi dari ahli materi dan ahli media; serta mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa setelah penggunaan media pembelajaran Akuntansi Berbasis Rekosntruksi Film. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Pengukuran keaktifan belajar dilakukan terhadap 36 siswa kelas X Akuntansi 1 SMK N 4 Klaten. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui angket. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan lima tahap dalam pembuatan media pembelajaran Akuntansi Berbasis Rekonstruksi Film: 1) Analisis (Analysis), yaitu perlu adanya inovasi media pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. 2) Perancangan (Desain), yaitu proses pembuatan media pembelajaran akuntansi berbasis rekonstruksi film yang berdurasi 50 menit 11 detik dalam format WMV. 3) Pengembangan (Development), yaitu penilaian media oleh ahli materi dengan rerata skor 4,72 dan ahli media dengan rerata skor 4,30 yang dikategorikan bahwa media ini sangat layak digunakan. 4) Implementasi (Implementation), yaitu tahap uji coba lapangan dengan angket yang telah teruji valid dan reliabel, hingga diperoleh data skor angket keaktifan belajar siswa awal sebesar 1848 serta angket keaktifan belajar siswa akhir dengan skor 2055. 5) Evaluasi (Evaluation), yaitu menghitung kategori peningkatan keaktifan belajar siswa dengan metode Gain Score yang diperoleh skor sebesar 0,31. Nilai 0,31 berada pada rentang 0,30 dan 0,70 yang berarti peningkatan keaktifan belajar siswa termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Dengan demikian, media pembelajaran Akuntansi Berbasis Rekosntruksi Film efektif untuk meningkatkan keaktifan belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Rekonstruksi Film, Persamaan Dasar Akuntansi, Keaktifan belajar, SMK, ADDIE.
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 30 Sep 2016 06:27
Last Modified: 30 Sep 2016 06:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41896

Actions (login required)

View Item View Item