Instagram Sebagai Sarana Untuk Menunjukan Eksistensi Diri di Kalangan Mahasiswa UNY

Aji, Pria Purnama (2016) Instagram Sebagai Sarana Untuk Menunjukan Eksistensi Diri di Kalangan Mahasiswa UNY. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Ringkasan Skripsi Digital)
Ringkasan Skripsi Pria Purnama Aji 12413241045.swf

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Instagram sebagai sarana untuk menunjukan eksistensi diri di kalangan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini berfokus pada faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam menunjukan eksistensi diri di instagram dan bagaimana cara mereka dalam menunjukan eksistensi dirinya di instagram. Penelitian ini dilakukan di Yogyakarta, dan dibatasi pada kampus UNY yang beberapa mahasiswanya merupakan pengguna aktif media sosial instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif. Informan pada penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Selain menggunakan purposive sampling peneliti juga menggunakan snowball sampling untuk memilih informan berdasarkan rekomendasi dari informan sebelumnya. Subjek penelitian dari penelitian ini terdiri dari 11 informan yang berasal dari 7 fakultas yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, serta kepustakaan. Adapun validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles dan Huberman, mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan proses penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat faktor-faktor yang memengaruhi mahasiswa dalam menunjukan eksistensi dirinya di instagram, diantaranya yaitu: (a) rasa penasaran ingin mencoba menggunakan media sosial instagram, (b) mengikuti trend atau ikut-ikutan teman, (c) instagram memiliki banyak kelebihan, (d) keinginan untuk menjadi dikenal banyak orang atau populer. Ada beberapa macam cara yang dilakukan oleh mahasiswa UNY dalam menunjukan eksistensi diri di instagram, diantaranya yaitu: aktif dalam membuka instagram setiap hari, mengunggah foto setiap harinya paling tidak sehari satu foto, foto mau pun video yang di unggah atau ditampilkan merupakan foto yang dianggap paling baik, follower dan like dianggap sebagai aspek yang penting dan berpengaruh dalam eksistensi di instagram, mengikuti komunitas maupun kegiatan yang berkaitan dengan instagram semisal instameet atau wwim, dan banyak yang di endorse oleh suatu produk sehingga semakin dikenal banyak orang di instagram. Kata Kunci: Instagram, Eksistensi Diri, Mahasiswa UNY

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 29 Sep 2016 08:28
Last Modified: 30 Jan 2019 11:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41884

Actions (login required)

View Item View Item