Proses Komunikasi Cyber Community (Studi Bisnis Online Shop di Kalangan Mahasiswa UNY)

Budiarto, Icuk (2016) Proses Komunikasi Cyber Community (Studi Bisnis Online Shop di Kalangan Mahasiswa UNY). S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full Icuk Budiarto 12413241045.swf

Download (2MB)

Abstract

Manusia saling membutuhkan manusia lainnya dan berinteraksi. Komunikasi adalah kunci utama dalam melakukan interaksi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi melahirkan beragam cara untuk melakukan komunikasi, salah satunya komunikasi secara online yang kemudian menyebabkan beberapa orang membentuk cyber community di bidang-bidang tertentu. Online shop adalah salah satu bidang tersebut. Mahasiswa UNY juga mulai menggeluti bidang tersebut sebagai kegiatan sampingan disamping kuliah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi yang terjadi dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses komunikasi dalam bisnis online shop di kalangan mahasiswa UNY. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling untuk memilih informan berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan. Selain menggunakan purposive sampling peneliti juga menggunakan snowball sampling untuk memilih informan berdasarkan rekomendasi dari informan sebelumnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, serta kepustakaan. Adapun validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles dan Huberman, mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan proses penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi menjadi dasar dari keberhasilan bisnis online shop. Meski masih bisa timbul miskomunikasi, komunikasi secara online bisa digunakan lebih efektif dan efisien dari sisi waktu dan jarak dibandingkan dengan komunikasi langsung. Efektifitas proses komunikasi dalam bisnis online shop oleh seller dilihat dari dua hal yaitu seberapa banyak orang yang membeli produk dan seberapa besar efek yang ditimbulkan dari media online shop. Sedangkan customer melihat proses komunikasi berjalan efektif apabila seller memiliki kesamaan makna denganya. Proses komunikasi dapat berjalan maksimal dengan meperhatiakan dan memperbaiki setiap tahap komunikasi mulai dari ideation (penciptaan gagasan, encoding (penciptaan pesan), encode (penyampaian pesan), decoding (penafsiran), dan feedback (umpan balik). Terdapat pula faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan proses komunikasi ini diantaranya penggunaan bahasa dan simbol-simbol lainnya, penggunaan teknologi dan media komunikasi, kecakapan komunikator, sikap, kondisi lingkungan dan waktu. Terdapat pula permasalahan di dalam bisnis online shop yang perlu diatasi yaitu persaingan, pemilihan supplier dan penipuan. Kata kunci: Proses Komunikasi, Faktor, Online Shop, Mahasiswa UNY

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 29 Sep 2016 08:11
Last Modified: 30 Jan 2019 11:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41881

Actions (login required)

View Item View Item