TABAYYUN DAN DINAMIKA INTERNAL ORGANISASI (STUDI DI UKMF JM AL-ISHLAH TAHUN 2015, FAKULTAS ILMU SOSIAL, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA)

Fauziyyah, Tri Wulan (2016) TABAYYUN DAN DINAMIKA INTERNAL ORGANISASI (STUDI DI UKMF JM AL-ISHLAH TAHUN 2015, FAKULTAS ILMU SOSIAL, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA). S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 10413241020.swf

Download (1MB)

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan dinamika internal organisasi yang terjadi di UKMF Jm Al-Ishlah dan proses dan mekanisme tabayyun di dalamnya. Dinamika internal organisasi yang terjadi tidak selalu mendorong pada hal yang positif tetapi juga negatif yang dapat menghambat kinerja organisasi dan menyebabkan disintegrasi. Sehingga perlu menemukan sebuah solusi yang tepat untuk menghadapi dinamika tersebut. Kajian ilmiah artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif; dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan datanya; mengikuti purposive sampling dalam pemilihan informan; Validitas data diukur dengan teknik triangulasi sumber; dan Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini mendeskripsikan dua hal yaitu: 1). Dinamika internal organisasi yang dapat dibagi ke dalam dua tipe yaitu positif dan negative. Dinamika internal organisasi positif yang terjadi di UKMF Jm Al-Ishlah berupa perbedaan pendapat atau ide. Sedangkan dinamika internal organisasi negative dapat berupa: a). Miskomunikasi atau koordinasi yang tidak lancar. b). Pembagian tugas yang tidak merata. c). Masalah ketidakaktifan staff atau pengurus. Ketidakaktifan staff atau pengurus menunjukkan mulai melemahnya komitmen pengurus yang merupakan wujud dari solidaritas terhadap organisasi. penyebabnya adalah aktif di beberapa organisasi yang berbeda, alasan personal, dan kurangnya perhatian dari kepala departemen. 2). Peran tabayyun dalam dinamika internal adalah untuk mengkondusifkan kembali kondisi internal organisasi yang disebabkan oleh dinamika internal organisasi yang negative. Keberhasilan tabayuun tidak hanya dilihat dari permasalahan yang berhasil diselesaikan, namun juga dilihat dari bagaimana pengurus tetap berada di Al-Ishlah dan menjalin hubungan baik dengan pengurus lainnya. Kata kunci: Tabayyun, Dinamika Internal,Organisasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 29 Sep 2016 07:46
Last Modified: 30 Jan 2019 11:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41872

Actions (login required)

View Item View Item