Wibowo, Endro (2014) Analisisis Kesulitan Guru Matematika SMP dalam Pengembangan Profesi di Kabupaten Wonosobo. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-endrow-wibowo-12709259005.swf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persentase banyaknya guru matematika SMP di Kabupaten Wonosobo yang memahami, melaksanakan, dan mengalami kesulitan pada kegiatan pengembangan profesi guru dan upaya yang telah dilakukan untuk mengatasinya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian descriptive dengan pendekatan survey. Populasi penelitian ini adalah guru matematika SMP di Kabupaten Wonosobo pada tahun pelajaran 2013/2014 yang sudah diangkat sebagai pegawai negeri sipil. Sampel diambil dengan menggunakan prosedur clustering random sampling, yaitu: sampel diambil dari seluruh guru matematika SMP yang sudah berstatus sebagai pegawai negeri sipil di satu SMP pusat kecamatan dan di satu SMP pedesaan untuk seluruh kecamatan yang terletak di wilayah Kabupaten Wonosobo, dimana penentuan SMP yang akan diambil sampelnya ditetapkan secara acak. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi dan quosioner. Teknik analisa data yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase banyaknya guru matematika SMP di Kabupaten Wonosobo yang memahami, melaksanakan, dan mengalami kesulitan pada kegiatan pengembangan profesi guru secara umum, masing-masing berada dalam kategori sedang, sedikit, dan sangat sedikit. Persentase banyaknya guru matematika SMP di Kabupaten Wonosobo yang memahami, melaksanakan, dan mengalami kesulitan pada kegiatan pengembangan profesi subbagian “Pengembangan diri”, masing-masing berada dalam kategori; banyak, sedang, dan sangat sedikit. Pada subbagian “publikasi ilmiah” masing-masing berada dalam kategori; sedang, sangat sedikit, sangat sedikit. Pada subbagian “membuat/menemukan karya inovatif” masing- masing berada dalam kategori; sedang, sangat sedikit, sangat sedikit. Upaya yang telah dilakukan oleh guru matematika SMP di Kabupaten Wonosobo untuk mengatasi kesulitan dalam melaksanakan kegiatan pengembangan profesi, diantaranya adalah melaksanakan tugas dari kepala sekolah atau dinas pendidikan untuk mengikuti kegiatan diklat fungsional ataupun kegiatan kolektif guru matematika, melaksanakan studi lanjut ke jenjang yang lebih banyak (S1/S2), mencoba melaksanakan penelitian tindakan kelas pembelajaran matematika dan membuat laporannya, mencoba membuat artikel pendidikan matematika untuk dimuat di jurnal, mencoba membuat alat peraga pembelajaran matematika, dan mencoba membuat program aplikasi komputer untuk pembelajaran matematika inter aktif.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Guru Matematika SMP, Kegiatan Pengembangan Profesi Guru |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 29 Sep 2016 01:48 |
Last Modified: | 09 May 2019 07:41 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41848 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |