Wasimin, Wasimin (2016) Pengembangan Model Pembelajaran Soft Skills Siswa SMK Program Keahlian Tata Niaga Paket Keahlian Pemasaran. S3 thesis, UNY.
Text
disertasi-wasimin-07702261026.pdf Restricted to Registered users only Download (34MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (l) menemukan soft skills yang seharusnya dikembangkan, (2) menghasilkan model pembelajaran soft skills yang efektif untuk diterapkan, dan (3) menganalisis efektivitas model pembelajaran soft skills yang efektif untuk SMK Kompetensi Keahlian Pemasaran. Penelitian ini rnerupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model penelitian dan pengernbangan Rickey dan Klein (2009). Tahapan penelitian meliputi dua langkah utama, yaitu: pengembangan model dan validasi model. Pada tahap pengembangan model, dilakukan need assessment yang dilanjutkan studi lapangan untuk mendukung dan melengkapi data pembuatan draft model. Tahap validasi model meliputi validasi internal dan validasi ekstemal. Validasi model internal menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD) dan expert review, sedangkan untuk validasi eksternal menggunakan metode quasi experimental dengan one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan refleksi diri. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis konten. Subjek uji coba adalah siswa SMKN 2 dan SMKN 9 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (l) Soft skills yang seharusnya dikembangkan siswa di SMK Program Keahlian Tata Niaga Paket Keahlian Pemasaran yaitu: komunikatif, kreatif dan inovatif, percaya diri, kerja sama, disiplin, jujur, tanggung jawab, dan pemecahan masalah. (2) Model pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran soft skills adalah pembelajaran soft skills model Pro-CoL. (3) Model pernbelajaran soft skills Pro-CoL efektif. Hasil skor post-test lebih tinggi daripada skor pre-test (t: 7,636, p: 0,00). Keefektifan model tersebut terlihat dari nilai Gain ternormalisasi: (a) soft skill komunikatif: 0,72; (b) soft skill kreatif dan inovatif: 0,74; (c) soft skill percaya diri: 0,71; (d) soft skill jujur: 0,71; (e) soft skill tanggung jawab: 0,75; (f) soft skill kerja sama: 0,76; (g) soft skill disiplin: 0,55; dan (h) pemecahan masalah: 0,72. Peningkatan tertinggi adalah soft skill kerja sama (≥ 0,7) dan soft skill disiplin termasuk kategori sedang (0,3≤g<0,7).
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | soft skills, Pro-CoL, pemasaran |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 29 Sep 2016 03:05 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 03:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41836 |
Actions (login required)
View Item |