Keefektifan Metode Cooperative Learning Tipe STAD Untuk Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 4 Depok Kabupaten Sleman

Sugiyanto, Roso (2011) Keefektifan Metode Cooperative Learning Tipe STAD Untuk Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 4 Depok Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-roso-sugiyanto-09705251019.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui perbedaan keefektifan metode pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dan metode pembelajaran konvensional untuk hasil belajar IPS; 2) Mengetahui perbedaan keefektifan metode Cooperative Learning tipe STAD dan metode pembelajaran konvensional untuk pendidikan karakter nilai kejujuran siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu. Desain eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttes control group design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Depok, Sleman. Sampel dipilih dengan teknik random sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data diperoleh dengan tes untuk mengukur hasil belajar IPS dan non-tes berupa angket dengan skala Likert untuk memperoleh data tentang kejujuran. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik parametrik yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Metode Cooperative learning tipe STAD terbukti lebih efektif untuk meningkatan hasil belajar IPS dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional (t-hitung sebesar 5,610 dengan p = 0,000 < 0,05), 2) Metode Cooperative learning tipe STAD terbukti lebih efektif untuk pendidikan karakter nilai kejujuran dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional (t-hitung sebesar 10,209 dengan p = 0.000 p < 0.05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: cooperative learning tipe STAD, pendidikan karakter, pendidikan IPS
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 28 Sep 2016 08:44
Last Modified: 28 Sep 2016 08:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41834

Actions (login required)

View Item View Item