Keefektifan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri I Kaledupa Sulawesi Tenggara

Rahmawati, Rahmawati (2011) Keefektifan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri I Kaledupa Sulawesi Tenggara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rahmawati-08705251007.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode problem solving dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan pokok bahasan indeks harga dan inflasi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain randomized posttest only control group design. Subyek penelitian ini adalah kelas XD sebagai kelompok eksperimen yang diajar dengan metode problem solving dan kelas XC sebagai kelompok kontrol yang diajar dengan metode ceramah, yang ditentukan secara random. Masing-masing kelas berjumlah 28 orang siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) lembar kerja siswa (LKS) dan (2) tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Sebelum diberi perlakuan kelas eksperimen dan kontrol dalam kondisi homogen dengan p = 0,57 > 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah proses pembelajaran dilakukan rata-rata hasil belajar siswa 16,39 untuk kelompok problem solving dan 10,93 untuk kelompok ceramah. Hasil analisis dengan uji t menghasilkan t = 9,336 pada α 0,05 dan p = 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa metode problem solving lebih efektif daripada metode ceramah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran ekonomi dengan pokok bahasan indeks harga dan inflasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode problem solving, hasil belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2016 08:33
Last Modified: 29 Jan 2019 08:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41833

Actions (login required)

View Item View Item