Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMK Kompetensi Keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian Kelas XI Semester 1 Berbasis Kontekstual

Setyaningsih, - (2016) Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMK Kompetensi Keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian Kelas XI Semester 1 Berbasis Kontekstual. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
1.Abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang kimia yang bertujuan untuk mengembangkan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMK Kompetensi Keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian Kelas XI Semester 1 Berbasis Kontekstual dan menentukan kualitas berdasarkan penilaian lima reviewer. Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang mengadaptasi dari model pengembangan 4D, meliputi tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penerapan). Produk awal buku petunjuk praktikum mendapat masukan dari peer reviewer, ahli media sekaligus ahli materi. Kualitas buku dinilai oleh reviewer dengan mengisi angket penilaian yang berisi empat komponen, yaitu komponen materi/isi, komponen penyajian, komponen kebahasaan, dan komponen kegrafikan dengan 24 indikator penilaian Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku petunjuk praktikum kimia. Masukan dari reviewer digunakan untuk merevisi produk yang sudah dinilai sehingga diperoleh produk akhir. Hasil penelitian ini berupa Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMK Kompetensi Keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian Kelas XI Semester 1 Berbasis Kontekstual. Kualitas media belajar dalam bentuk buku petunjuk praktikum yang berjudul “Petunjuk Praktikum Kimia SMK Kompetensi Keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian Kelas XI Semester 1 Berbasis Kontekstual” berdasarkan penilaian 5 reviewer ditinjau dari komponen isi/materi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan adalah baik (B) dengan skor rata-rata keseluruhan 4,12 dan persentase keidealan 82,33.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 28 Sep 2016 08:15
Last Modified: 30 Jan 2019 11:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41829

Actions (login required)

View Item View Item