LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL

Giyarman, Giyarman (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Untuk itu, kegiatan tersebut tentu saja bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta PPL untuk mempraktikan teori-teori yang telah diperoleh selama di kampus dan memberikan pengalaman kepada peserta PPL dalam pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tempat yang menjadi lokasi program PPL ini adalah di SMANegeri 5 Yogyakarta yang beralamat dijalan Nyai Pembayun 39 Kotagede. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMAN 5 Yogyakarta, praktikan mengajarkan materi Seni Buaya kelas X MIA 1, XI MIA 3, XI MIA 4 dan XI MIA 5 semester gasal. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP dan materi mengajar sekaligus pembuatan perangkat administrasi guru. Setiap kali praktek mengajar di lapangan praktikan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa. Adapun hasil dari pelaksanaan PPL di SMA Negeri 5 Yogyakarta yang dimulai dari tanggal 2 Juli 2014 hingga 17 September 2014 ini antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 5 Yogyakarta, penyusun mendapat kesempatan mengajar kelas X MIA 1, XI MIA 3, XI MIA 4 dan XI MIA 5. Mahasiswa melakukan praktik mengajar dikelas setiap hari Senin jam ke 4 sampai 5 , Selasa jam ke 8 sampai9, Rabu 5 sampai 6 dan hari Sabtu jam ke 5 sampai 6. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 28 Sep 2016 08:23
Last Modified: 01 Oct 2019 12:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41828

Actions (login required)

View Item View Item