ANALISIS FAKTOR DETERMINAN PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA

Swapradinta, Kurnia Dewi (2016) ANALISIS FAKTOR DETERMINAN PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
KurniaDewiSwapradinta_12808144063.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pengungkapan modal intelektual pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Periode penelitian yang digunakan adalah tahun 2014. Penelitian ini diklasifikasikan sebagai penelitian asosiatif kausal. Penelitian ini menggunakan populasi yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel ini dipilih dengan kriteria purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 67 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan modal intelektual ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,073 dan signifikansi sebesar 0,000. (2) Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan modal intelektual ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,079 dan signifikansi sebesar 0,002. (3) Leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan modal intelektual ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar -0,050 dan signifikansi sebesar 0,083. (4) Konsentrasi kepemilikan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan modal intelektual ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,011 dan signifikansi sebesar 0,921. Hasil uji kelayakan model menunjukkan variabel independen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan modal intelektual dengan nilai F sebesar 9,837 dan signifikansi sebesar 0,000. Nilai koefisien determinasi penelitian ini adalah sebesar 0,349 menunjukkan bahwa kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen adalah 34,9% sedangkan sisanya sebesar 65,1% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Konsentrasi Kepemilikan, Pengungkapan Modal Intelektual.
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 03 Oct 2016 03:08
Last Modified: 30 Jan 2019 11:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41818

Actions (login required)

View Item View Item