KECERDASAN ADVERSITAS SECARA UMUM PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Inas Syarafina, Inas (2016) KECERDASAN ADVERSITAS SECARA UMUM PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Inas Syarafina_12104241039.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan adversitas secara umum pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi penelitian ini yaitu 427 mahasiswa Bimbingan dan Konseling, dansampel sebanyak 195 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotionate startified random sampling. Pengumpulan data melalui skala sikap kecerdasan adversitas dengan model skala likert. Teknik analisis data menggunakan statistik deskripstif. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan adversitas mahasiswa Bimbingan dan Konseling di kategori tinggi sebanyak 129 orang (66%) dan 66 orang (34%) tergolong sedang. Hasil data penelitian juga melihat kecerdasan adversitas berdasarkan jenis kelamin, usia, semester, IPK, dan pengalaman organisasi. Berdasarkan jenis kelamin, laki-laki dan perempuan memiliki kecerdasan adversitas yang cenderung tinggi. Berdasarkan usia, usia 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24, 25, dan 26 tahun memiliki kecerdasan adversitas yang cenderung tinggi. Berdasarkan semester, pada semester 2, 4, 6,8, 10, 12, dan 14memiliki kecerdasan adversitas yang cenderung tinggi. Berdasarkan IPK, mahasiswa dengan IPK antara 3,56-4,00dan antara 2,76-3,50memiliki kecerdasan adversitas yang cenderung tinggi. Selanjutnya berdasarkan pengalaman organisasi, mahasiswa dengan yang memiliki pengalaman organisasi maupun tidakmemiliki kecerdasan adversitas yang cenderung tinggi. Dengan demikian mayoritas mahasiswa Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta memiliki kemampuan dalam menghadapi, mengatasi kesulitan pada kategori tinggi. Kata kunci: kecerdasan adversitas, mahasiswa bimbingan dan konseling

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 28 Sep 2016 07:30
Last Modified: 30 Jan 2019 11:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41810

Actions (login required)

View Item View Item