PERBANDINGAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II SMAN 11 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN BAMBOO DANCING

Dewi, Bilby Rosma (2016) PERBANDINGAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II SMAN 11 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN BAMBOO DANCING. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
5. abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Other
2.BAB_I.PDF

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Other
4.BAB_III.PDF

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.BAB IV.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB V.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) ada tidaknya perbedaan signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match, (2) ada tidaknya perbedaan signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing, (3) ada tidaknya perbedaan signifikan peningkatan motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan Bamboo Dancing, (4) ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan Bamboo Dancing, apabila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain dua faktor, dua sampel dan satu kovariabel. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SMA N 11 Yogyakarta kelas X. Instrumen yang digunakan adalah data dokumentasi yaitu nilai ulangan akhir semester I peserta didik kedua kelas tersebut, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar angket motivasi, dan soal prestasi belajar kimia. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hasil penelitian adalah uji-t sama subjek, uji-t beda subjek dan uji anakova. Berdasarkan penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan setelah diberi model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match, (2) ada perbedaan signifikan pada motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan setelah diberi model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing, (3) tidak ada perbedaan signifikan peningkatan motivasi belajar kimia antara peserta didik yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan Bamboo Dancing, (4) ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan Bamboo Dancing.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 28 Sep 2016 07:06
Last Modified: 30 Jan 2019 11:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41805

Actions (login required)

View Item View Item