Keefektifan Metode Permainan dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri Kota Yogyakarta

Fatmawati, Laila (2011) Keefektifan Metode Permainan dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-laila-fatmawati-09705251012.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan metode permainan dibandingkan dengan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar IPS di SMP; (2) keefektifan metode permainan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan motivasi tinggi, dibandingkan dengan metode diskusi, (3) keefektifan metode permainan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan motivasi rendah, dibandingkan dengan metode diskusi, (4) mengetahui interaksi pengaruh antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan factorial design. Sebagai variabel terikat adalah hasil belajar IPS dan sebagai variabel bebas adalah metode pembelajaran, sedangkan variabel moderator adalah motivasi belajar. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 9 Yogyakarta, berjumlah 33 siswa sebagai kelompok eksperimen yang ditentukan secara random dan siswa kelas VII E SMP Negeri 6 Yogyakarta, berjumlah 33 siswa sebagai kelompok kontrol yang ditentukan secara purposive. Instrumen pengumpulan data terdiri atas kuesioner untuk menjaring motivasi belajar dan tes untuk mengukur hasil belajar IPS siswa. Instrumen penelitian divalidasi secara logis dan empirik. Validitas logis dilakukan dengan meminta pertimbangan ahli (expert judgement). Validitas empiris untuk tes hasil belajar dianalisis dengan rumus point biserial, sedangkan untuk validitas angket motivasi belajar dianalisis dengan rumus korelasi product moment. Reliabilitas tes hasil belajar dianalisis dengan rumus KR 21, sedangkan untuk reliabilitas angket motivasi belajar dianalisis dengan rumus alpha cronbach. Analisis data dilakukan dengan teknik Anava dua jalur dan taraf pengujian menggunakan α 0,05. Hasil penelitian membuktikan bahwa pembelajaran IPS dengan metode permainan lebih efektif dibandingkan metode diskusi, yang ditunjukkan dengan: (1) secara umum hasil belajar siswa yang belajar dengan metode permainan lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan metode diskusi, (p= 0,000); (2) metode permainan tidak lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan motivasi tinggi, dibandingkan dengan metode diskusi, (p= 0,646); (3) metode permainan lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan motivasi rendah, dibandingkan dengan metode diskusi, (p= 0,000); (4) terdapat interaksi pengaruh antara metode pembelajaran dengan motivasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS; (p = 0,000), maka metode permainan lebih cocok diterapkan pada siswa dengan motivasi rendah dan metode diskusi lebih cocok diterapkan pada siswa dengan motivasi tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, metode permainan, motivasi, hasil belajar IPS
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2016 07:41
Last Modified: 29 Jan 2019 08:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41798

Actions (login required)

View Item View Item