Keefektifan Model Integrated, Connected, dan Webbed dalam Pembelajaran IPS SMP untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP N 4 Depok, SMP N 3 Sleman, dan SMP N 2 Berbah di Kabupaten Sleman

Listiqowati, Ika (2011) Keefektifan Model Integrated, Connected, dan Webbed dalam Pembelajaran IPS SMP untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP N 4 Depok, SMP N 3 Sleman, dan SMP N 2 Berbah di Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ika-listiqowati-09705251013.swf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keefektifan model integrated, connected, dan webbed, dalam pembelajaran IPS SMP untuk meningkatkan hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui hirarki keefektifan tiga model pembelajaran tersebut dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa SMP di Kabupaten Sleman. Penelitian ini adalah quasi eksperimen untuk membandingkan keefektifan model integrated, connected, dan webbed dalam pembelajaran IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah semua SMP kategori Sekolah Standar Nasional (SSN) di kabupaten Sleman yang berjumlah 22 SMP. Dari 22 sekolah dipilih dengan teknik purposive mendapatkan tiga sekolah yaitu SMP N 4 Depok, SMP N 3 Sleman, dan SMP N 2 Brebah. Perlakuan pembelajaran model integrated di SMP N 4 Depok, perlakuan model connected di SMP N 3 Sleman, dan perlakuan model webbed dilakukan di SMP N 2 Berbah. Pengumpulan data dengan menggunakan tes dan non tes. Tes untuk mengetahui kemampuan awal (pretest) dan kemampuan akhir (posttest) setelah siswa memperoleh perlakuan. Non tes dengan cara wawancara untuk mendapatkan informasi permasalahan pembelajaran IPS di sekolah. Instrumen divalidasi oleh ahli (eksperts judgment), dan karakteristik butir soal yang diestimasi adalah tingkat kesukaran dan daya beda, kemudian reliabilitas instrumen dalam penelitian ini dihitung menggunakan rumus Kuder-Richardson (K-R 20). Validitas internal diupayakan dengan menyetarakan; materi, subjek penelitian, kontaminasi antar subjek, kompetensi guru, penilaian, dan ekologis. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik parametrik one way anava. Setalah hipotesis terbukti bahwa Ho ditolak, maka dilanjutkan dengan menganalisis hipotesis ke dua (pos hoc) dengan analisis Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model integrated, connected, dan webbed. 2. Mean model Integrated > connected yaitu 19,2000 > 16,5500 maka model integrated lebih efektif daripada model connected. Kemudian mean model integrated > webbed yaitu 19,2000 > 13,8000, maka model integrated lebih efektif dari model webbed, kemudian mean model connected > webbed yaitu 16,5500>13,8000, maka model connected lebih efektif dari model webbed maka, dapat disimpulkan urutan model pembelajaran terpadu yang paling efektif adalah integrated, connected, dan yang terakhir adalah model webbed.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: integrated, connected, webbed, pembelajaran IPS, hasil belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 28 Sep 2016 06:42
Last Modified: 28 Sep 2016 06:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41795

Actions (login required)

View Item View Item