Zulfiati, Heri Maria (2011) Keefektifan Pembelajaran IPS Berbantuan Multimedia Komputer dalam Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa SMP. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-heri-maria-zulfiati-09705251008.swf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui keefektifan pembelajaran IPS berbantuan multimedia komputer dan media cetak dalam meningkatkan minat belajar siswa, 2) Mengetahui keefektifan pembelajaran IPS berbantuan multimedia komputer dan media cetak dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-experiment yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Yogyakarta dan SMP Negeri 15 Yogyakarta tahun pelajaran 2010/2011 kelas VIII D semester 2. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah Randomized Control Group pretest-postest Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII pada kedua sekolah tersebut kemudian dipilih sampel secara acak sehingga diperoleh kelas VIII D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengetahui hasil belajar IPS dan angket untuk mengetahui minat siswa terhadap pembelajaran IPS. Perbedaan hasil belajar IPS serta minat belajar antara kelompok kontrol dan eksperimen diuji dengan independent t-test Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat belajar siswa yang belajar dengan menggunakan multimedia berbantuan komputer lebih tinggi daripada minat belajar siswa yang belajar dengan menggunakan media cetak (t= 3.119; p=0.003 <α =0.05). (2) hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan multimedia berbantuan komputer lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan media cetak (t= 2.752; p=0,008 <α =0.05).
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komputer, hasil belajar, minat belajar |
Subjects: | Pendidikan > Teknologi Pendidikan Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 28 Sep 2016 06:29 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 08:49 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41792 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |