HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN LABORATORIUM KIMIA DENGAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEWON BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Wijayanti, Julia Dian (2016) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN LABORATORIUM KIMIA DENGAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEWON BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img] Text
HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN LABORATORIUM KIMIA DENGAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEWON BANTUL TAHUN PELAJARAN 2011.docx

Download (10kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian survey dengan metode penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) ada atau tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan tentang laboratorium kimia dengan kemampuan psikomotorik peserta didik; 2) besarnya sumbangan efektif pengetahuan laboratorium kimia terhadap kemampuan psikomotorik; 3) kriteria pengetahuan laboratorium kimia; dan 4) kriteria kemampuan psikomotorik peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sewon Bantul tahun ajaran 2015/2016 dalam praktikum kimia. Populasi penelitian ini adalah peserta didik di 5 kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sewon Bantul dengan jumlah 163 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah peserta didik dari 2 kelas dengan jumlah 63 peserta didik yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda tentang pengetahuan laboratorium, dan lembar observasi kemampuan psikomotorik yang dilengkapi dengan rubrik penilaian. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi satu prediktor, pengetahuan laboratorium sebagai variabel bebas dan kemampuan psikomotorik sebagai variabel terikat. Hasil analisis data menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara pengetahuan laboratorium kimia terhadap kemampuan psikomotorik peserta didik, dengan koefisien korelasi 0,519. Sumbangan efektif pengetahuan laboratorium terhadap kemampuan psikomotorik sebesar 26,9%. Rata-rata persentase pengetahuan laboratorium peserta didik sebesar 80,38% dengan kriteria sangat baik. Rata-rata persentase kemampuan psikomotorik peserta didik sebesar 75,35% dengan kriteria baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 28 Sep 2016 06:23
Last Modified: 30 Jan 2019 11:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41790

Actions (login required)

View Item View Item