Keefektifan Media Komik untuk Pendidikan Karakter yang Terintegrasi dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

Hendrawati, Ginung (2011) Keefektifan Media Komik untuk Pendidikan Karakter yang Terintegrasi dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ginung-hendrawati-09705251007.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif dan pendidikan karakter, antara siswa yang belajar menggunakan media komik dan yang menggunakan buku pelajaran pada pembelajaran IPS di SD, (2) mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif dan pendidikan karakter, pada siswa yang memiliki kepribadian ekstrovert, antara siswa yang belajar menggunakan media komik dan yang menggunakan buku pelajaran pada pembelajaran IPS di SD, (3) mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif dan pendidikan karakter, pada siswa yang memiliki kepribadian introvert, antara siswa yang belajar menggunakan media komik dan yang menggunakan buku pelajaran pada pembelajaran IPS di SD, dan (4) mengetahui interaksi pengaruh penggunaan media pembelajaran dan tipe kepribadian terhadap hasil belajar kognitif dan peningkatan pendidikan karakter berupa, ketaatan beribadah, kejujuran, tanggung jawab, dan toleransi. Penelitian ini merupakan quasi-experimental research dengan menggunakan pretest-posttest control group design, yang bertujuan membandingkan keefektifan media komik dan buku pelajaran. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas III SD Seyegan, Pundong, Bantul, berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas III SD Kretek, Bantul, berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data diperoleh dengan test objective dan rating scale, yang divalidasi dengan expert judgment dan secara empiris. Reliabilitas instrumen dihitung dengan rumus Alpha Cronbach,s. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik Analisis Varians Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) secara keseluruhan terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif dan pendidikan karakter; siswa yang belajar menggunakan media komik lebih tinggi daripada yang belajar dengan buku pelajaran (t hitung 5.11 pada p 0,00 < 0,05), (2) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif dan pendidikan karakter pada siswa ekstrovert; siswa yang belajar menggunakan media komik lebih tinggi daripada yang belajar dengan buku pelajaran (t hitung 1.74 pada p 0,043 < 0,05), (3) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif dan pendidikan karakter pada siswa introvert; siswa yang belajar menggunakan media komik lebih tinggi daripada yang belajar dengan buku pelajaran (t hitung 5.74 pada p 0,00 < 0,05), dan (4) terdapat interaksi pengaruh penggunaan media pembelajaran dan tipe kepribadian terhadap hasil belajar kognitif dan pendidikan karakter dengan nilai F hitung 10.24 pada p 0,00 < 0,05). Dengan demikian media komik efektif untuk pembelajaran IPS pada siswa yang bertipe kepribadian introvert, sedangkan buku pelajaran efektif untuk siswa yang bertipe kepribadian ekstrovert.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media komik, pendidikan karakter, pembelajaran IPS
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 28 Sep 2016 06:23
Last Modified: 28 Sep 2016 08:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41784

Actions (login required)

View Item View Item