Pembelajaran IPS Berbasis Kultur Sekolah di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman

Hermanto, Fredy (2011) Pembelajaran IPS Berbasis Kultur Sekolah di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fredy-hermanto-09705251006.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengintegrasian kultur sekolah dalam pembelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman, dan peran IPS dalam memberikan pemahaman kepada siswa mengenai kultur sekolah di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif naturalistik. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa yang ditentukan secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Keabsahan data menggunakan teknik triangguluasi sumber dan triangguluasi metode. Model analisis data yang digunakan adalah model analisis Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Kultur SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman yang paling dominan adalah kultur Islami, Pembelajaran IPS berbasis kultur sekolah dilakukan melalui: (a) RPP yang dibuat oleh guru disesuaikan dengan kondisi yang ada di lingkungan sekolah sehingga dapat membantu perkembangan siswa, (b) Metode pembelajaran yang berbasiskan kultur sekolah dilakukan dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapatnya, berkomunikasi, memberikan kebebasan kepada siswa untuk ikut aktif dalam pembelajaran, memberikan bimbingan kepada setiap siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar, melalui metode diskusi, berdialog dan tanya jawab. Penegakan disipilin dalam proses belajar juga sangat diperhatikan oleh guru dalam mengajar IPS di dalam kelas, kegiatan belajar dimulai dengan membaca doa dan mengucapkan salam pada saat masuk ke dalam kelas juga sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh guru dan siswa, (c) Pemanfaatan media dalam pembelajaran IPS dengan cara memanfaatkan sarana dan prasarana yang sudah disediakan oleh pihak sekolah seperti papan tulis, peta dan globe, serta ada yang dibawa oleh guru sendiri seperti makanan, minuman, rempah-rempah, (d) Dalam evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru tidak hanya menilai dari hasil ujian saja, tetapi juga melihat dari sikap dan perilaku siswa. (2) Peranan IPS dalam memberikan pemahaman kepada siswa mengenai kultur sekolah dapat dilihat dari tujuan serta dimensi yang terdapat di dalam pelajaran IPS. Dimensi dan tujuan IPS dapat membuat kultur yang ada didalam sekolaj lebih bermakna serta menjadi mudah untuk dipahami dan diaplikasikan. Proses pembelajaran IPS di dalam kelas dapat menjadikan sarana berlatih bagi siswa dalam bersikap dan bertingkah laku sesuai dengan aturan yang ada didalam sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran IPS, kultur sekolah
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2016 05:55
Last Modified: 29 Jan 2019 08:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41781

Actions (login required)

View Item View Item