PENGARUH RASIO KEUANGAN, UKURAN PERUSAHAAN,PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Wiguna, Pratama Aji (2016) PENGARUH RASIO KEUANGAN, UKURAN PERUSAHAAN,PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
PratamaAjiWiguna_12808141099.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio profitabilitas, rasio likuiditas, rasio solvabilitas, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan. Studi penelitian dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2012-2014. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 36 perusahaan. Data dianalisis dengan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, dibuktikan dengan hasil t hitung sebesar 8,050 dengan signifikansi 0,000 sehingga Ha1 diterima; rasio likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, dibuktikan dengan hasil t hitung sebesar -2,225 dengan signifikansi 0,028 sehingga Hₐ₂ ditolak; rasio solvabilitas berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, dibuktikan dengan hasil t hitung -1,683 dengan signifikansi 0,095 sehingga Hₐ₃ ditolak; ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, dibuktikan dengan hasil t hitung sebesar 2,912 dengan signifikansi 0,004 sehingga Ha4 diterima; pertumbuahan penjualan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, dibuktikan dengan nilai t hitung 0,144 dengan signifikansi 0,886 sehingga Hₐ₅ ditolak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PBV, ROA, CR, DER, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 29 Sep 2016 08:14
Last Modified: 30 Jan 2019 11:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41760

Actions (login required)

View Item View Item