PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PENGAKUISISI SEBELUM DAN SESUDAH MELAKUKAN MERGER DAN AKUISISI (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Martono, Raditiya Adi (2016) PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PENGAKUISISI SEBELUM DAN SESUDAH MELAKUKAN MERGER DAN AKUISISI (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
RaditiyaAdiMartono_128081414040.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kinerja keuangan perusahaan pengakuisi dalam satu tahun sebelum serta tiga tahun sesudah merger dan akusisisi dilihat dari rasio profitabilitas (ROI, ROE dan NPM), rasio aktivitas (TATO), rasio pasar (EPS), rasio likuiditas (CR) dan rasio solvabilitas (DER). Merger merupakan penggabungan dua perusahaan atau lebih menjadi satu kekuatan untuk memperkuat posisi perusahaan. Sedangkan akuisisi merupakan pengambil-alihan (take over) sebagian atau keseluruhan saham perusahaan lain sehingga perusahaan pengakuisisi mempunyai hak kontrol atas perusahaan target. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data dokumenter. Sedangkan populasi penelitian ini meliputi perusahaan publik yang terdaftar di BEI yang pernah melakukan merger dan akuisisi, dan perusahaan tersebut mengumumkan aktivitasnya tersebut pada periode 2010-2012. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yang mana terdapat 9 perusahaan yang masuk dalam kriteria penelitian ini. Metoda analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis digunakan uji normalitas data, uji beda Wilcoxon Sign Test. Hasil dari uji Wilcoxon Signed Test menunjukan adanya perbedaan yang signifikan untuk rasio keuangan ROE, dan ROI untuk pengujian satu tahun sebelum dan dua tahun setelah merger dan akuisisi dimana tingkat signifikansi ROI dua tahun setelah merger dan akuisisi sebesar 0.038; dan ROE dua tahun setelah merger dan akuisisi sebesar sebesar 0.011; lebih kecil dari tingkat signifikansi yang telah ditetapkan yakni 0,05. Rasio keuangan ROE, dan ROI untuk pengujian satu tahun sebelum dan tiga tahun setelah merger dan akuisisi tingkat signifikansi ROI tiga tahun setelah merger dan akuisisi sebesar 0.028; dan ROE tiga tahun setelah merger dan akuisisi sebesar sebesar 0.028; lebih kecil dari tingkat signifikansi yang telah ditetapkan yakni 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Merger dan Akuisisi; Rasio Keuangan
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 29 Sep 2016 08:09
Last Modified: 30 Jan 2019 11:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41758

Actions (login required)

View Item View Item