APLIKASI FUZZY DECISION MAKING UNTUK PEMILIHAN TUJUAN WISATA DI YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TAHANI YANG DIIMPLEMENTASIKAN DENGAN GRAPHICAL USER INTERFACE (GUI)

Mubarrok, Muhammad Najib and Abadi, Agus Maman (2016) APLIKASI FUZZY DECISION MAKING UNTUK PEMILIHAN TUJUAN WISATA DI YOGYAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TAHANI YANG DIIMPLEMENTASIKAN DENGAN GRAPHICAL USER INTERFACE (GUI). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Yogyakarta dikenal sebagai pusat kebudayaan di pulau Jawa, selain itu di wilayah Yogyakarta juga terdapat banyak obyek wisata yang memiliki panorama yang indah dan juga sarat akan nilai sejarah. Beberapa hal tersebut menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk memilih Yogyakarta sebagai destinasi wisata. Banyaknya obyek wisata di Yogyakarta tidak jarang membuat wisatawan kesulitan dalam memilih tujuan wisata, terlebih lagi bagi wisatawan yang masih awam dengan obyek wisata di Yogyakarta, sehingga dalam pemilihan tujuan wisata yang tepat, diperlukan suatu aplikasi yang dapat membantu wisatawan dalam memilih tujuan wisata yang sesuai dengan kriterianya. Adapun tujuan yang akan dicapai dari perancangan aplikasi ini adalah membantu wisatawan dalam memilih alternatif wisata di Yogyakarta yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Perancangan aplikasi fuzzy decision making ini menerapkan Metode Tahani dengan operator AND pergandaan dan AND minimum. Operator tersebut digunakan untuk menghitung fire strength pada masing-masing obyek wisata berdasarkan kriteria yang telah diberikan oleh wisatawan. Kriteria yang ditentukan oleh wisatawan adalah jenis wisata, biaya, pemandangan/isi museum, keamanan, transportasi, kebersihan, keramaian, dan fasilitas. Untuk mempermudah wisatawan dalam memakainya, aplikasi ini diimplementasikan dengan Graphical User Interface (GUI). Hasil dari penelitian ini adalah terbangunnya aplikasi fuzzy decision making untuk pemilihan tujuan wisata di Yogyakarta dengan menggunakan Metode Tahani yang dapat menampilkan rekomendasi obyek wisata sesuai dengan kriteria yang dipilih. Obyek wisata dengan fire strength terbesar merupakan obyek wisata yang paling direkomendasikan. Tingkat keakurasian aplikasi fuzzy decision making pada uji kesesuaian obyek wisata dengan menggunakan operator AND pergandaan sebesar 75%, sedangkan untuk keakurasian menggunakan operator AND minimum sebesar 93,33%. Jadi operator yang digunakan selanjutnya untuk aplikasi ini adalah operator AND minimum. Kata kunci: fire strength, fuzzy decision making, Graphical User Interface (GUI), obyek wisata, Metode Tahani.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 29 Sep 2016 08:05
Last Modified: 30 Jan 2019 11:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41756

Actions (login required)

View Item View Item